Lestarikan Budaya Begasingan Desa Ombe Gelar Lomba

Agar Tak Punah Desa Ombe Baru Gelar Lomba Begasingan Kediri, KIM. Begasingan merupakan tradisi masyarakat di Pulau Lombok yang ada sejak zaman dahulu. Karena nya tidak mengherankan tradisi ini masih lestari hingga saat ini. Generasi muda saat ini khususnya para pemuda Sasak menjadikan begasingan ini sebagai sebuah permainan rakyat yang cukup menyenangkan. Masyarakat Desa Ombe Baru, Kecamatan Kediri misalnya menjadikan begasingan ini sebagai permainan rakyat yang harus terus dilestarikan. Bentuk pelestariannya dengahn menggelar Lomba Begasingan.
Ketua Panitia lomba Hilmizan mengungkapkan, sebelumnya lomba ini telah terselenggara dalam rentang waktu tiga kali. Tahun 2018 diselenggarakan sebanyak dua kali dan di tahun 2019 baru sekali. Dikatakan, lomba begasingan di tahun 2019 ini dimulai sejak 2 Februari hingga 22 Maret mendatang. Tujuannya ingin melestarikan budaya Indonesia agar tidak punah ditelan zaman. Apa lagi di zaman milenial sekarang ini banyak orang yg sibuk dengan Hand Phone (Hp).
“Tujuan lomba ini dalam upaya pelestarian budaya Sasak dan menyambung tali persaudaraan angtar desa lainnya,” kata Hilmizam di Ombe Baru, Selasa (12/2/2018). Ditambahkan, selain tujuan untuk melestarikan budaya di sisi lain juga untuk menyambung tali silaturrahim dengan umat beragama dan masyrakat dari berbagai kalangan yg juga ikut. (Windi/Kominfo/KIM)

print