Puting Beliung Rusak 50 Rumah di Kuripan

Kuripan, Kominfo/Kim. Angin puting beliung rabu (13/3) sekitar pukul 15.45 terjadi di dusun Tambang Eleh dan Dusun Karang Bucu, Desa Jagaraga Induk, Kecamatan Kuripan, Kabupaten Lombok Barat. Akibatnya 50 rumah mengalami kerusakan  berat di Dusun Karang Bucu dan 20 rumah lainnya berada di Dusun Tambang Eleh.
“Puluhan rumah yang mengalami kerusakan berat tersebut sebagian besar mengakibatkan atap rumah warga berupa genteng dan spandek diporak-porandakan angin puting beliung dimana peristiwa ini tak diduga sebelumnya akan terjadi. Selain kerusakan pada atap rumah juga ditemukan 2 unit sepeda motor milik warga rusak karena tertindih bahan bangunan,” kata Camat Kuripan Banu Harli dalam pesan elektroniknya, dari Kuripan Rabu (13/3) malam.
Banu Harli menambahkan dari 70 rumah yang mengalami kerusakan akibat puting beliung tersebut sebanyak 182 jiwa menjadi korban. Dari jumlah sebanyak itu berada di Dusun Karang Bucu sebanyak 182 jiwa dan untuk Dusun Tambang Eleh sebanyak 80 jiwa.
“Dalam bencana ini kita bersyukur tak ditemukan korban jiwa, karena warga cepat menyelematkan diri. Sementara untuk kerugian material belum bisa dipastikan, karena petugas masihmelkukan pendataan,” tukas Banu.
Bantuan sementara bagi korban saat ini berupa supermi, air minum, tenda dan selimut dari Pemerintah Desa maupun Pemda Lombok Barat.
Sementara itu Kasi kesiapsiagaan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Lombok Barat Tohri menyatakan, bencana angin puting beliung yang acap kali sering terjadi di wilayah Kabupaten Lombok Barat merupakan fenomena alam dan perlu menjadi atensi bagi setiap warga dan menjadi referensi kepada aparatur pemerintah untuk melakukan tindakan secepatnya sehingga dapat meminimalisir dampak trauma dan ketakutan warga yang tidak mampu mengurus keluarga dan harta benda akibat terjangan angin puting beliung. (her/rasidi)

print