6000 Santri, ikuti Apel Hari Santri Nasional 2018 Kabupaten Lombok Barat

Gerung, KIM -Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 22 Tahun 2015 yang menetapkantapkan tanggal 22 Oktober sebagai Hari satri Nasional (HSN), dan HSN tahun 2018 diperingati dengan Apel HSN yang prakarsai oleh Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama Kabupaten Lombok Barat dan bekerja sama dengan Pemerintah Daerah dan Kemenang Lombok Barat Senin, 22 Oktober 2018.  Ribuan santri penuh khidmat mengikuti apel dalam rangka peringatan HSN tingkat Kabupaten Lombok Barat yang dipusatkan dihalaman Kantor Bupati Giri Menang. Senin, (22/10).

Tahun ini merupakan tahun keempat keluarga besar Nahdlatul Ulama (NU) Nahdlatul Wathan (NW) dan ormas islam lainnya, Santri serta seluruh rakyat Indonesia memperingati Hari Santri Nasional. Hari Santri tanggal 22 Oktober merupakan babak baru dalam sejarah umat islam Indonesia dan merupakan bukti pengakuan negara atas jasa-jasa para ulama dan santri dalam perjuangan merebut, mengawal, mempertahankan dan mengisi kemerdekaan.

Seperti pada upacara pada umumnya, peringatan Hari Santri Nasional juga diisi dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya, dan Mars Hari Santri Nasional, kedua lagu ini dinyanyikan penuh semangat oleh para peserta upacara dalam pelaksanaan Hari Santri Nasional 2018. Sesuai dengan nama kegiatan Hari Santri, semua peserta upacara melaksanakan upacara dengan menggunakan sarung dan kopiah sebagai ciri khas Santri.

Bupati Lombok Barat H. Fauzan Khalid, S.Ag, M.Si bertindak sebagai inspektur upacara yang membacakan amanat Menteri Agama Republik Indonesia pada peringatan Hari Santri Nasional 2018. Hari Santri Tahun ini mengangkat tema “Bersama Santri Damailah Negri” merupakan momentum untuk mempertegas peran santri sebegai vioner perdamaian yang berorientasi pada spirit moderasi islam di Indonesia.

Upacara hari Santri Nasional tingkat Kabupaten Lombok Barat dihadiri Para Asisten, SKPD Pemda Lobar, Para Tuan Guru, Pengurus NU dan NW, Pengasuh Pesantren, tokoh agama, tokoh masyarakat dan ribuan santri se-Kabupaten Lombok Barat, diakhir acara ribuan santri bergembira dengan pengundian doorprize dan kuis berhadiah yang disediakan oleh Panitia.

Menurut Ketua Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama Lombok Barat Dr. H Nazar Naamy, selain kegiatan apel dan pembagian doorprize, peringatan Hari Santri Nasional 2018 juga dimeriahkan oleh berbagai macam kegiatan, “sebelumnya, ada beberapa rangkaian kegiatan yang kita lakukan untuk memeriahkan hari santri antara lain Musabaqah Qiroatul Kutub se-pulau Lombok, Istiqosah dan pembacaan Salawat Nariyah disemua Pondok Pesantren se-Lombok Barat dan masih banyak kegiatan lainnya”. Tegas pria yang didaulat membacakan Ikrar Santri saat Apel HSN.  KIM Gerbang Gerung (Angge/L.ivan R)

print