Aktivitas Galian C di Desa Gelangsar Dihentikan

Gunungsari-KIM. Penghentian galian C di Desa Gelangsar, Kecamatan Gunungsari Rabu (29/8) terpaksa dihentikan karena tidak mengantongi ijin penggalian dari dinas/instansi terkait. Penghentian galian C ini dilakukan karena masyarakat setempat melalui pengusaha yang melakukan usahanya ternyata ditemukan tak memiliki ijin sama sekali.  Saat dilakukan penghentian oleh Seksi Trantb, Kecamatan Gunungsari, petugas hanya menemukan para pekerja dan satu unit truk yang dipastikan untukmengmengangkut hsil galian C.  Sementara penanggungjawab galian tidak ditemukan berada di lokasi. Di lapangan hanya ditemukan pekerja dan satu buah truk yang akan mengangkut galian .

Kasi trantib Kecamatan Gunungsari diwakili I Made Gambar menyatakan, mengingat galian C ini tidak memiliki ijin, maka sesuai dengan Perda yang mengaturnya, maka Pol PP selaku penegak dan pengaman Perda wajib mengehentikannya.  Made gambar juga menghimbau   agar masyarakat yang hendak melakukan usaha penggalian terlebih dahul harus memiliki ijin. “Apapun alasan dari para pengusaha/penggali tidak dibemarkan, apalagi tak memiliki ijin,” tegas Made Gambar.
Penghentin penggalian baru bisa dilakukan pukul 9.00 wita. Berikutnya laoran langsung diteruskan kepada Kades Gelangsar dan Linmas Desa setempat. “Linmas desa diharapkan untuk bisa  memantau. Apabila ada kegiatan penggalian lagi bisa melaporkannya ke Pol PP, Babinmaspol dan Babinsa. (Made Gambar/KIM Gunungsari Berseri).

print