Angin Kencang Dan Gelombang Tinggi, Nelayan Taman Ayu Libur Melaut

Gerung, KIM-Jum,at 10 /2/2017 Anomali cuaca dengan intesitas curah hujan yang tinggi, angin kencang dan gelombang air laut yang besar di Bulan Januari hingga Februari ini menyebabkan tergerusnya pasir pinggir pantai Endok dusun Taman, Desa Taman Ayu Kecamatan Gerung Kabupaten Lombok Barat ( Lobar ).

Tidak hanya itu warga yang sebagian besar bermata pencaharian dan bergantung kepada hasil laut harus berbesar hati. Sampan nelayan yang biasanya rame hilir mudik di pantai ini tak tampak lagi. Mereka semua menyandarkan sampannya puluhan meter didaratan. Tidak tampak lagi keriuhan ibu – ibu dan anak nelayan berebut hasil tangkapan suaminya. Seperti yang disampaikan H. Junaidi kepala desa Taman Ayu kepada KIM Gerung.

Di katakan, Penduduk desa Taman Ayu berjumlah 165 Kepala Keluarga. Sebagian besar berprofesi sebagai nelayan. Sudah dua minggu mereka tak melaut. merekapun hidup seadannya dengan bekal yang ada. “Untuk bronjong laut sebagai antisipasi dan meminimalisir dampak tergerusnya pasir pinggir laut yang sudah mencapai luas 2500 meter.

Kami mengharapkan realisasi pengerjaan bronjong yang di janjikan Pihak PLN supaya secepatnya terealisasi,” harapnya. Tanggap darurat Pemerintah Daerah Kabupaten Lombok Barat Patut mendapat ancungan jempol. Melalui Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Lobar, sebanyak 1225 Kg beras disalurkan kepada warga desa Taman Ayu.

“Bantuan beras yang disalurkan ini diambil dari stok cadangan beras Pemerintah Kabupaten Lobar. Saat ini per – Januari 2017 ketersedian stok beras kita sebanyak 8 ton beras,” jelas Ir Moh Syahlan, Plt Kepala Dinas Ketahanan Pangan usai menyalurkan bantuan. Sementara itu Saepudin salah satu warga mengatakan, ungkapan syukur atas bantuan yang di berikan Pemerintah Kabupaten Lombok Barat. (Budi-KIM Gerbang, Gerung).

print