Apel Hut PGRI Ke-73 dan Hari Guru Nasional Kabupaten Lombok Barat

Gerung-KIM. Dalam rangka memperingati HUT PGRI ke 73, Pemkab Lombok Barat pagi tadi (26/11) menggelar apel paripurna dilapangan Kantor Bupati.
Acara diikuti ratusan tenaga pengajar se Lombok Barat. Dalam kesempatan itu Sekda Lombok Barat, H. Moh. Taufiq berkesempatan menjadi Inspektur Upacara dan membacakan pidato Ketua Umum Pengurus Besar PGRI (Persatuan Guru Republik Indonesia) Pusat. “Pada tanggal 25 November, di seluruh pelosok negeri, disekolah-sekolah dan kantor pemerintah bersama sama memperingati Hari Guru Nasional (HGN) yang merupakan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-73 PGRI. Dimana pada tanggal 25 November sebagai Hari Guru Nasional yang juga merupakan Hari Ulang Tahun PGRI sesuai Keputusan Presiden Nomer 78 Tahun 1994. Dengan dijiwai semangat proklamasi 17 Agustus 1945, PGRI lahir dibawah panji perjuangan kemerdekaan Bangsa Indonesia. PGRI hadir bukan hanya ikut serta memperjuangkan kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) tetapi juga berperang melawan kebodohan dan keterbelakangan, sekaligus berjuang untuk mengangkat harkat dan martabat guru. Dalam era revolusi industri 4.0, sistem pendidikan nasional dihadapkan pada tantangan yang amat kompleks tetapi menarik. Oleh karena itu, PGRI sebagai organisasi profesi juga ditantang agar mampu menggerakan guru, pendidik, dan tenaga kependidikan memberikan andil tidak hanya dalam penyelenggaraan pendidikan di sekolah, tetapi lebih dari itu harus merasa terpanggil untuk ikut melahirkan pemikiran transformatif dalam pengembangan kebijakan pemerintah, pengelolaan program pembangunan di pusat dan di daerah, serta dalam melahirkan berbagai gagasan dan tindakan inovatif sesuai dengan tantangan Abad ke 21.

Oleh karena itu para guru perlu mengubah cara mengajar dari yang bersifat tradisional menjadi pembelajaran multi-stimulan agar lebih menyenangkan dan menarik. Demikian juga peran guru berubah dari semula menjadi pemberi pengetahuan menjadi mentor, fasilitator, motivator, inspirator, pengembang imajinasi, kreativitas, nilai-nilai karakter, serta team work, dan empati sosial dalam merespon tantangan di era industri 4.0 .”
Diakhir apel peringatan Hari Ulang Tahun PGRI ke-73 Lombok Barat, Sekertaris Daerah (Sekda) Lobar di dampingi Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Lombok Barat Hj. Khaeratun Fauzan Khalid memberikan bunga kepada perwakilan guru terdampak gempa bumi dan guru yang bertugas didaerah terisolir, terluar, dan terpencil di wilayah Lombok Barat. KIM Gerbang Gerung (Angge/yani/L.Ivan R)

print