Baliho APBDes Sebagai Bentuk Keterbukaan Informasi Publik Desa Mekar Sari

Narmada-KIM. Keterbukaan informasi publik tentang penyelenggaraan pemerinatahan, sudah menjadi keharusan bagi pemerintah itu sendiri untuk membuka keran informasi seluas-luasnya kepada masyarakat, tak terkecuali Pemerintah Desa Mekar Sari Kecamatan Narmada yang sudah mulai berbenah untuk membuka semua informasi tersebut kepada masyarakat setempat, sebagai bentuk transparansi pengelolaan pemerintahan Desa, hal itu terbukti ketika Pemerintah Desa memasang papan pengumuman tentang pengeloaan APBDes tahun anggaran 2017 Pada hari senin 17/07.

Pemasangan papan pengumuman tersebut, terpampang besar didepan Kantor Desa terkait dengan rincian Alokasi Dana Desa dan Dana Desa yang dikelola Desa Mekar Sari tahun anggaran 2017. Tentu hal ini menjadi awal yang sangat baik untuk kehidupan berdesa. Dimana, semua tentang rencana penggunaan anggaran seluruh masyarakat bisa mengetahui kemana arah kebijakan pembangunan Desa, sehingga kecurigaan masyarakat yang bersifat negatif terbantahkan dengan papan pengumuman tersebut.

“Sudah seharusnya kami pemerintah Desa untuk membuka  informasi kepada masyarakat, karena ini amanat dari  undang-undang nomor 14 tahun 2008 tentang keterbukaan informasi publik” Kata Satar, Sekdes Desa Mekar Sari yang dilantik seminggu yang lalu. Selain itu juga Tim Pelaksana Kegiatan Desa (TPKD) Mekar Sari memasang papan pengumuman disemua Dusun yang terkena dengan lokasi kegiatan Desa anggaran 2017 seperti Dusun Karang Kates dan Dusun Tempit.

Tahun ke tahun APBDes Desa Mekar Sari  trendnya selalu meningkat, baik dari Dana Desa (DD), Alokasi Dana Desa (ADD) dan bagi hasil pajak dari pemerintah daerah, yang kesemuanya itu merupakan  dampak dari serapan anggaran yang secara maksimal dikelola oleh Desa Mekar Sari tahun sebelumnya.

Meskipun Desa Mekar Sari tergolong Desa baru, kekompakan Pemerintah Desa dan pelaku teknis dilapangan sangat terarah, indikatornya tidak ada kegiatan yang terlambat untuk diselesaikan, baik itu pekerjaan lapangan terkait pembangunan desa maupun pekerjaan yang sifatnya administratif seperti laporan dan sebagainya. Terbukti ketika awal tahun anggaran 2017 Desa Mekar Sari, Desa yang paling dahulu menyelesaikan proposal pengajuan anggaran 2017, berikut laporan penggunaan anggaran tahun sebelumnya. Kim Mekar Sari/Mustar

print