Belajar Dari Desa Panggung Harjo Jogjakarta

Narmada-KIM. Forum Sekretaris Desa Kecamatan Narmada Kabupaten Lombok Barat melakukan study lapangan untuk belajar mengenai bagaimana cara pengelolaan desa yang lebih baik, tentunya hal teseut akan bisa didapatkan dengan belajar langsung kedesa yang sudah menjadi desa maju dan mandiri.

Study lapangan yang dilakukan selama tiga hari dari tanggal 4 – 6 September 2018 memilih Desa Panggung Harjo Kabupaten Sleman Provinsi Jogjakarta sebagai desa tujuan belajar. Dari 21 desa yang ada di Kecamatan Narmada, sebanyak 17 Sekretaris Desa ikut berangkat dengan menggunakan anggran dari desa masing-masing. ikut dalam rombongan Kasi PMD Kecamatan Narmada Bahri, SIP sebagai pendamping.

Banyak Hal yang bisa dipelajari dari Desa Panggung Harjo, desa yang pernah meraih juara 1 lomba desa tingkat Nasional itu memiliki banyak kelebihan dibanding desa-desa yang lain. Rombongan Forum Sekdes Narmada diterima oleh Carik atau Sekretaris Desa Panggung Harjo Yuli Trisniati.

Dalam presentasinya dihadapan Forum Sekdes Narmada, Yuli menyampaiakan mengenai kondisi Desa Panggung Harjo, dan bagi para sekdes asal Narmada, Desa yang berbatasan dengan Kota Jogjakarta itu  sungguh luar biasa.

“Kami mendapatkan banyak informasi dan ilmu dari sini (Desa Panggung Harjo)”. Tegas Herman salah satu peserta dari Desa Nyurlembang.

Yang menarik dari desa yang memiliki jumlah penduduk 28.000 jiwa itu adalah tingginya jumlah PADes (Pendapatan Asli Desa) yang menurut Yuli Trisniati, tahun 2017 desa mampu mendapatkan 1,2 Milyar Rupiah yang bersumber dari sewa aset desa dan BUMDes. Jelas saja hal ini membuat rombongan Sekdes kecamatan Narmada terkagum-kagum.

Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Desa Panggungharjo yang diberi nama BUMDes Panggung Lestari terbentuk pada tahun 2013, dengan beberapa unit usaha antara lain

  • Pengelolaan Sampah, dengan proses mulai dari Penjemputan, Pemilahan sampah organic dan anorganik.
  • Penyaringan minyak goreng bekas menjadi¬† Biodisel.
  • Swadesa = Swalayan Desa.
  • Pertanian = mengelola tanah kas desa untuk usaha pertanian.
  • Kampung mataraman = usaha pariwisata yang terdiri dari wisata kuliner, wisata alam
  • Pengadaan material pembangunan fisik pemerintah desa.

Setelah puas mendengarkan paparan tuan rumah yang bertempat di Aula megah milik Desa Panggung Harjo, forum sekdes narmada kemudian diajak mengunjungi unit-unit usaha BUMDes Panggung Lestari yang sudah mampu menampung ratusan karyawan tetap dari warga desa setempat dan menggajinya dengan standar UMK. Satar/KIM Mekar Sari

print