Bimtek Data Sektoral, Lombok Barat Menuju Satu Data

Senggigi – Diskominfotik Lombok Barat. Pemerintah Kabupaten Lombok Barat dalam hal ini Dinas Komunikasi, Informatika dan Statistik sebagai leading sector pengelolaan data elektronik di Kabupaten Lombok Barat melaksanakan  Bimbing Tekhnis  Pengelolaan Data Sektoral  Lombok Barat Menuju Satu Data di  Hotel Puri Saron Senggigi Lombok Barat Rabu,26/02/2020.

Hadir dalam acara ini Sekretaris Daerah Kabupaten Lombok Barat Dr. H. Baihaqi, S.Si., M.Pd., MM., H.Akhmad Saikhu,SE,MM  Plt. Kadis Kominfo Lombok Barat, Rahmadanton Kabid Statistik, Narasumber dan Peserta Bimtek Statistik Sektoral.

Kegiatan ini diselenggarakan selama dua hari mulai tanggal 26 dan 27 Februari 2020 diikuti oleh 32 orang peserta utusan dari masing-masing OPD  Pemerintah Daerah  Kabupaten Lombok Barat.

Bimtek ini di buka oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Lombok Barat Dr. H. Baihaqi, S.Si., M.Pd., MM.

Dalam kata sambutannya Dr. Baihaqi mengatakan “ Data merupakan komponen penting yang akan menjadi acuan dalam perencanaan dan pengambilan keputusan dalam pembangunan daerah, jika data salah maka akan berpengaruh di semua sector pembangunan dan kesejahteraan masyarakat.”

Beliau menegaskan kepada semua  OPD untuk terus  mengupdate data secara berkala, karena jika data tidak terupdate  maka kinerja daerah tidak bisa tersampaikan kepada masyarakat . Akibatnya masyarakat bisa menilai PEMDA Tidak bekerja,

Beliau menambahkan    “Wali Data (kominfo) diharapkan terus mengawasi updating data sektoral pada masing-masing OPD dan amanah dalam mengumpul kan serta  penyampaikan data.” Demikian tegas pria yang akrab dipanggil H. Baihaqi ini.

Agus Suryawan ketua panitia Bimtek Menyampaikan “ Bimtek Ini bertujuan mempercepat pengumpulan data sektoral pada masing-masing serta  bisa mengisi data  sectoral  menuju satu data  Lombok barat.”

Dalam bimbingan tekhnis ini peserta diperkenalkan  cara   Penginputan data sektoral  ini melalui aplikasi SIMDASI (Sistem Informasi Data Statistik Terintegrasi ) dengan alamat  http://simdasi.bps.go.id/. (Diskominfotik/Rhis)

print