Budikdamber, Solusi Ketahanan Pangan Masa Depan

Narmada Diskominfotik – KIM Mekarjaya – Budikdamper, inilah salah satu solusi pangan masa depan yang bisa dikembangkan untuk memenuhi kebutuhan pangan masyarakat terutama kebutuhan protein hewani dan sayur mayur. Budikdamper merupakan singkatan dari budidaya ikan dalam ember, Metode ini diperkenalkan oleh Mahasiswa Universitas Al Azhar (UNIZAR) Mataram Kepada Masyarakat Desa Mekarsari.

Solusi ini dilakukan mengingat keterbatasan lahan untuk budidaya ikan dan mulai berkurangnya kualitas dan kuantitas air terutama di daerah perkotaan, sehingga budikdamper menjadi salah satu pilihan yang bisa diterapkan untuk mengatasi solusi pangan masa depan. 

Budidaya ikan dalam ember dengan sistem aquaponik berpeluang meningkatkan kebutuhan akan protein hewani dan sayuran serta memudahkan masyarakat mendapatkan ikan dan sayur di lingkungan tempat tinggal. Cara ini sangat baik dikembangkan di panti asuhan dan tempat-tempat pengungsian karena bencana atau daerah permukiman yang padat penduduk.

Selain mudah dilakukan, budikdamper menggunakan media yang kecil, portabel, hemat air dan tidak membutuhkan listrik. Kalau dulu, mungkin orang harus banyak berpikir jika ingin beternak dan bertani. Sebab harus memikirkan lahan yang luas. Namun di zaman sekarang, ketika lahan semakin sedikit, orang-orang justru banyak yang kreatif. Tidak perlu lahan yang luas jika ingin beternak dan bertani. Cukup pakai ember dan gelas plastik, sudah bisa menghasilkan sayur-sayuran beserta ternak.

Seperti yang dilakukan Halimah Warga Dusun Tempit Desa Mekarsari, “Awalnya metode ini kami diperkenalkan oleh Mahasiswa KKN, dan diberikan 1 set peralatan, serta dibimbing metodenya” Ujarnya dengan menunjukkan beberapa ember yang berisi lele saat di temui di rumanya, Sabtu (6/3/2021).

Selama 4 bulan menggeluti kegiatan ini, sudah 3 kali memanen kangkung dan baru sekali panen lele, Halimah menjelaskan ingin menambah beberapa ember untuk memperbanyak budidayanya. “Nanti saya mau beli ember lagi supaya hasilnya tambah banyak”.katanya, Halimah juga berharap apa yang dilakukan nya ini bisa ditiru oleh masyarakat. (KIM Mekar Jaya/ry).