Bupati Dorong Sekolah Lain Bangun Brugak Baca

Batulayar, Kominfo. Bupati Lombok Barat, H Fauzan Khalid, meresmikan Berugak Baca di SDN 3 Batulayar, Kecamatan Batulayar, Lombok Barat, Senin (5/8/2019) . Berugak yang berukuran 2 x 3,5 meter difungsikan sebagai perpustakaan mini ini dibangun oleh para mahasiswa Program Studi Kajian Wilayah Amerika (KWA) Sekolah Kajian Strategik dan Global (SKSG) Universitas Indonesia (UI) sebagai bentuk program Pengabdian Masyarakat (Pengmas).

Bupati Fauzan Khalid mengatakan, Berugak Baca di SDN 3 Batulayar itu akan menjadi model yang bisa direplikasi di sekolah lainnya, untuk meningkatkan budaya literasi sekolah di Lombok Barat.

“Ini memang sangat sederhana, tetapi tujuannya sangat besar. Saya terinspirasi agar semua sekolah di Lombok Barat punya seperti ini. Lebih-lebih sekarang di bawah pemerintahan Presiden Joko Widodo lagi gencar-gencarnya untuk menerapkan budaya literasi di masyarakat Indonesia,” kata Bupati.

Bupati juga menyatakan kesiapannya untuk mengumpulkan pihak terkait untuk pengelolaan dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) disisihkan untuk membangun Berugak Baca. Bupati Lebih jauh Bupati menakankan, pentingnya menumbuhkan minat baca di masyarakat khususnya bagi anak-anak.

“Dengan adanya Berugak Baca semoga masyarakat bisa ikut membaca juga. Apalagi belakangan ini trend perkembangan teknologi membuat anak-anak lebih banyak menghabiskan waktu melihat mbah google untuk mencari  referensi buku yang kita tidak tau sumber awalnya, karena sumber itu benar-benar harus kita ketahui silsilahnya,” ujarnya lagi.

Bupati juga mengajak masyarakat t untuk rajin-rajin membaca. Dengan membaca, pikiran akan menjadi lebih terbuka.

“Jadi yang perlu dicontoh dari masyarakat Barat itu cara berpikirnya. Sekarang itu terbalik, cara hidupnya yang kita ikuti. Seharusnya, cara pikirnya mendunia tapi tingkah lakunya mengikuti adat istiadat budaya,” tambahnya. (Yani)

print