Bupati Fauzan Kukuhkan Pengurus Forum Komunikasi Petani Lobar

Kediri – KIM.  Bupati Lombok Barat H. Fauzan Khalid mengukuhkan Pengurus Forum Komunikasi Petani Lombok Barat periode 2017-2022 di Lesehan Dian Dusun Gersik Desa Gelogor Kecamatan Kediri, kamis 25/5.

Hadir dalam kegiatan tersebut Bupati Lobar H. Fauzan Khalid S.ag. Msi, Kadis Pertanian Ir. H. Muhur zohri, Camat Kediri Humaidi, Kabid Ketahanan Pangan dan Hultikultura Pada Dinas Pertanian Mariadi, Ka UPT Pertanian se – Kab. Lobar, Para Penasehat FKP – LB diantaranya H. Munzir, Ir. H. Moh. Jumahir, dan lainnya terdiri dari Kelompok Tani, Gapoktan P3a sehingga Gabungan P3a yang berjumlah sekitar 136 orang.

Pengurus yang dikukuhkan sebanyak 70 orang pengurus yang tergabung dalam kelompok tani, gapoktan p3a  masing – masing menempati posisi sebagai berikut : Ketua Waki’ah,S. Pt,  Wakil Ketua Hamka, Sekertaris Mustafa,  Wakil sekertaris M. Nizar,  Bendahara H. Khaelawal Nizam, Wakil Bendahara Nurhayati, S.Ag., Ketua Defisi Humas Ust. H. Mustafa beserta anggota, Ketua Defisi Hubungan antar Lembaga Mujiburrahman beserta anggota, Ketua Defisi Promosi H. Muzakki beserta anggota, Ketua Defisi Pemberdayaan  Ahmad Gazali beserta anggota, Ketua Defisi penelitian dan Pengembangan Ust. H. Ismail beserta anggota, Ketua Defisi Advokasi  Khairuman beserta anggota.

Ketua Forum Komunikasi Waki’ah dalam sambutannya menyatakan,  Sekitar 1.600 kelompok tani yang sudah terdaftar di Dinas Pertanian dan jumlah keseluruhan dalam angka sekitar kurang lebih 36.000 merupakan angka yang yang cukup besar yang tersebar diseluruh Desa yang ada di Kabupaten Lombok Barat.

Dijelaskan, Dalam satu kelompok minimal berjumlah 20 orang. Adanya potensi sangat besar jika digerakkan bisa menjadi motor pendukung pembangunan ekonomi dan pembangunan di Lombok Barat khususnya di sektor pertanian dengan terbentuknya Forum ini.

Dikatakan, penting ada satu wadah yang bisa mengikat emosional antar kelompok setelah melalui pertemuan marathon selam 3 bulan maka terbentuklah Forum komunikasi Petani Lombok Barat ( FKP – LB ).

“wadah FKP – LB dipandang perlu untuk meningkatkan silaturrahmi antar petani mengingat banyaknya kelompok tani di Kab. Lombok Barat yang belum saling mengenal satu sama lain sehingga sisi positif yang dapat di ambil dari acara forum ini adalah sebagai ajang silaturrahmi antar kelompok tani”, ungkapnya

Dijelaskan, Forum Komunikasi Petani Lombok Barat berdiri pada tanggal 9 Desember 2016 dan pertemuan yang dilaksanakan pada hari ini merupakan pertemuan yang pertama kali setelah terbentuk. Adapun tujuan terbentuknya FKP – LB  sebagai wadah berhimpunnya masyarakat tani yang memiliki persamaan sikap dan cita – cita mewujudkan masyarakat tani yang sejahtera, untuk menumbuhkembangkan dan mensosialisasikan pandangan sikap masyarakat dalam membangun petani,  mengemban dan mengadvokasi serta memperjuangkan hak – hak petani Kabupaten Lombok Barat.

Kepala Dinas Pertanian Ir. H. Muhur ZoKhri mengatakan hasil pertanian  Lombok Barat mendapatkan ranking 5 besar Nasional sebagai pendobrak pembangunan perekonomian Nasional dibidang pertanian.  Diungkapkan sebagai warga Lombok Barat sudah sepantasnya berbangga atas capaian tersebut.

“Hal ini tidak terlepas dari banyaknya program – program dan bantuan yang telah di berikan pemerintah Lombok Barat kepada masyarakat Petani yang ada sehingga pemerintah selaku pembina dari kelompok tani bertugas untuk mendukung serta mengawasi program – program yang sudah diberikan dengan maksud untuk meningkatkan kepercayaan masyarakat terhadap pemerintah dan menghindari tindakan ataupun penyalahgunaan seperti yang sudah di instruksikan pemimpin Republik dalam hal ini presiden RI dalam program Nawacita”.Ulasnya

Bupati Lombok Barat Fauzan Khalid menyampaikan dukungannya terhadap berdirinya Forum Komunikasi Petani Lombok Barat.

“tujuan berdirinya Forum memiliki nilai yang positif sebagai ajang silaturrami antar petani maupun kelompok tani yang selama ini belum saling mengenal dan mudah – mudahan komunikasi ini berlanjut dalam bentuk aksi misalnya ada anak – anak petani yang mengalami gizi buruk maupun putus sekolah agar sama – sama dibantu harapannya agar Forum ini sampai kepada tujuannya yakni lebih mengakrabkan antar anggota, melalui forum ini dapat melakukan kegiatan sosial lainnya berupa saling membantu dan bertukar informasi serta berkegiatan pada hal – hal yang positif lainnya”, jelasnya.
Bupati Fauzan memberikan apresiasi kepada para petani Lombok Barat yang sejauh ini telah mengantarkan  Lombok Barat sebagai pendobrak perekonomian nasional.

“tas nama pemerintah Lombok Barat Bupati berharap agar petani terus mendukung kinerja pemerintah melalui program – program pemerintah diantaranya pengentasan kemiskinan dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat untuk mencapai Lombok Barat yang sejahtera”.Ungkapnya. KIM Subulussalam/Sri

print