CAMAT BARU LINGSAR MARZUQI LANJUTKAN PROGRAM SEJELO SAMBANG DESA DAN TIGA PROGRAM UNGGULAN LAINNYA

Lingsar, Diskominfotik KIM Lingsar Beraksi – Pendekatan pelayanan kepada masyarakat dan disiplin Aparatur Desa serta sinkronisasi program menjadi target utama Pemerintah Kabupaten Lombok Barat (Lobar) tahun 2021 ini. Karena itu, Pemrintah Daerah (Pemda) Lobar melalui Kecamatan Lingsar Melaksanakan Program Sejelo Nyambang Desa dalam rangka mengimplementasikan tugas pokok dan fungsi camat sesuai dengan Peraturan Bupati  (Perbup) Lobar Nomor 55 tahun 2016 junto Perbup Nomor 5 Tahun 2019 dimana fungsi camat yakni melakukan pembinaan langsung ke desa.

Camat Lingsar, Marzuqi megatakan “Sejelo Nyambang Desa dilakukan dengan mendatangi masing-masing desa secara bergiliran setiap dua minggu sekali sekaligus melaksanakan salat subuh bersama-sama masyarakat dan berdialog dengan masyarakat. Selain menyerap aspirasi, kegiatan ini juga mencarikan solusi bagi setiap permasalahan pembangunan yang ditemui masyarakat, program tersebut sudah berjalan dan memasuki Tahun yang ke empat,” Ungkapnya saat ditemui di Kantor Desa Gontoran, Lingsar, Selasa (30/3/2021).

Mantan Seketaris Camat ini juga menginginkan agar program ini menjadi motivasi untuk meningkatkan disiplin sekaligus mensinkronkan program. Kegiatan ini harus secara berkesinambungan, dan yang menjadi titik fokus dalam kegiatan Tahun ke empat ini yakni pencatatan aset milik Pemda Lobar dengan jumlah Aset Tanah 118 titik dan 70 Banguan yang tersebar di Wilayah Kecamatan Lingsar.

Marzuqi juga mempertegas terkait program Kecamatan Menyapa Desa, Sejelo Nyambang Desa dan Subuh Berjamaah Bersama (SaBer) Warga, dengan Tujuan dari program ini adalah untuk sosialisasi, silaturrahmi, dan mendekatkan pelayanan, supaya pemerintah desa juga merasa diperhatikan oleh Pemda. Selain itu, juga untuk meningkatkan disiplin aparat di desa dalam memberikan pelayanan kepada masyarakatnya.

Untuk itu dalam meningkatkan pemahaman aparat pemerintah desa, khusus di Desa se Kecamatan Lingsar akan tugas dan fungsi masing -masing aparat dan untuk lebih mendekatkan kerjasama antara pemerintah kecamatan dan pemerintah desa, pemerintah kecamatan Lingsar membuat program untuk mengevaluasi perkembangan administrasi Pemerintah Desa yang dilakkukan ke masing-masing desa yang ada di kecamatan Lingsar.

Marzuqi juga menambahkan, “dalam waktu dekat kami juga akan meresmikan satu program inovasi dalam membantu pemerintah pada permasalahan sampah yang dinamakan Beli Sapu (Begitu Liat Sampah Pungut), ini langkah kita dalam mengatasi sampah yang ada di Kecamatan Lingsar dan sekaligus mensukseskan program Pemda Zero Waste dan Ijo Nol Dedoro” tambahnya.

“Mudah-mudahan dengan kesungguhan ikhtiar yang kita lakukan ini, khususnya dalam meningkatkan disiplin, kepercayaan masyarakat terhadap pemerintah akan semakin baik. Tentunya ini akan bermuara pada tercapainya cita-cita pembangunan kita, yakni terwujudnya masyarakat Lobar Mantap,” tutupnya. (Diskominfotik/KIM Lingsar beraksiJuan/Fiyan/YL)

print