Catatan TIM Penilai Untuk Desa Mekarsari Saat Ekspose Lomba Desa Tingkat Kabupaten Lombok Barat

Kamis, tanggal 3 juni 2021 Pemerintah Desa Mekarsari Kecamatan Narmada Kabupaten Lombok Barat yang diwakili oleh Kepala Desa Ketua BPD dan Ketua PKK Desa menghadiri Ekspose Lomba Desa Tingkat Kabupaten Lombok Barat bertempat di Aula Kantor DPMD Kabupaten Lombok Barat.

Dihadapan 10 orang Tim Penilai Kepala Desa Mekarsari Sapinah menyampaiakan presentasi perkembangan desa Mekarsari selama 2 tahun terakhir yang merupakan indikator penilaian Lomba Desa yang termaktub dalam Permendagri 81 tahu 2015 tentang Evaluasi perkembangan Desa dan Kelurahan.

Dihadapan Tim Penilai Sapinah dengan semangat menyampaikan inovasi yang dilakukan desa Mekarsari selam 2 tahun terakhir antara lain Desa Wisata (DEWI) dan Desa Digital (Dedi), menurut Kades dua periode itu, meskipun tergolong desa yang masih muda karena berdiri tahun 2011, namun Mekarsari sudah masuk kategori desa maju berdasarkan IDM 2021. “Selain itu juga Mekarsari sudah punya Inovasi yang bisa diandalkan yaitu Desa Wisata dan Desa Digtal”. Tegas Sapinah.

Para TIM Penilai tampak puas dengan penyampaian Ekspose Desa Mekarsari dan kemudan memberikan beberapa catatan yang harus dilengkapi jika Mekarsari masuk 5 Besar yang akan lanjut ke penilaian berikutnya. beberapa catatan yang disampaiakn Tim Penialai antara lain :

  1. Ekspose sudah bagus cara penyapaian  tapi belum menukik kebidang kewilayahan dan kemasyarakatan. penyampaian propil desa di awal sudah memasukkan semua indikator.
  2. Fokus pada indikator penilaian yang ada di Permendagri 81 tahun 2015, kemudian tambah inovasi yang lain.
  3. Jika masuk nominasi 5 besar minggu depan akan turun tim Penilai untuk melakukan verivikasi lapangan sesuai jawaban di quiseoner dan dilampirkan bukti fisik berupa regulasi, foto kegiatan, program kerja dan lainnya.
  4. semua bidang yang sudah dikumpulkan bukti fisik selanjutnya di jilid rangkap 5 untuk kebutuhan pelilaian oleh Tim.

Sementara, Kades Mekarsari sangat yakin jika Mekarsari akan bisa bersaing pada lomba desa tingkat Kabupaten Lombok Barat pada tahun 2021 ini. (KIM Mekarjaya/str)

print