DARI LOMBOK BARAT INDONESIA HARUS MAJU

Gerung, Diskominfo – Upacara Bendera memperingati HUT RI ke 74 dimasing-masing OPD Lombo Barat sebagaimana tahun-tahun sebelumnya tetap dilaksanakan tahun ini termasuk di Dinas Komunikasi Informatika dan Statistik (Diskominfotik). Namun karena Diskominfotik kantornya rusak akibat gempa tahun lalu, Upacara bendera Peringatan HUT RI ke 74 dilaksanakan bergabung di halaman kantor Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora), Sabtu (17/8/2019). Bertinda selaku Inspektur Upaya Kepala Dispora Maad Adnan, M.Pd, diikuti oleh seluruh karyawan Dispora dan Diskominfotik Lombok Barat.

Maad Adnan ketika membacakan sambutan Bupati Lombok Barat H. Fauzanb Khalid mengharapkan Apartur Sipil Negara di Lombok Barat akan semakin terdepan sebagai SDM Unggul dalam mewujudkan Lombok Barat yang Amanah, Sejahtera dan Berprestasi.

“Dari lombok Barat Indonesia harus Maju,”

Dikatakan, Lombok Barat dalam draf RPJMD tahun 2019-2024 telah menetapkan visi Lombok Barat yaitu Amanah, Sejahtera dan Berprestasi yang disingkat dengan Lombok Barat Mantap. Visi tersebut sangat relevan dengan thema besar HUT RI ke 74 yaitu SDM Unggul Indonesia Maju. Relevansinya nampak jelas dan tersirat dimana pemerintah Lombok Barat menetapkan skala besar pembangunan yang berorientasi pada pembangunan sumber daya manusia yaitu meningkatkan kualitas hidup manusia Indonesia sebagai pelaku utama dalam pembangunan.

“Relevan dengan tema besar tersebut pada draf Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) periode 2019 – 2024 kita telah meletakkan visi Lombok barat yaitu Lombok Barat yang Amananh, Sejahtera dan Berprestasi dengan dilandasi oleh nilai-nilai Patuh Patuh Patju,” jelasnya.

Lebih jauh dijelaskan, visi amanah secara ekternal dimaknai sebagai janji-janji program yang harus dilaksanakan atau ditunaikan sesuai dengan tugas pokok dan fungsi. Program kerja yang ditetapkan harus tepat guna dan sasaran harus sesuai dengan proritas dan tolok ukur berdasarkan Indicator Kinerja Utama (IKU) dan Indicator Kerja Kunci (IKK).

“untuk itu mari kita berpedoman pada pola tersebut.  IKU dan IKK menjadi pondasi bagi kita menetapkan rencana kerja dan anggaran. Setelahnya baru kita berhadapan dengan pertanggung jawaban yang memiliki beberapa bentuk yaitu pertanggung jawaban secara administrative, secara politis dan secara public.” Ungkapnya.

Relevansinya  dengan tema besar HUT RI ke 74 dan Visi Amanah dalam RPJMD,   ASN lingkup Pemda Lombok Barat diharapkan menjadi SDM yang unggul dalam membangun kapasitas dirinya dan kapasitas instansinya.

Membangun kapasitas instansinya bisa diperoleh dari reformasi birokrasi. Agar birokrasi menjadi professional dan melayani, harus mampu mendorong transparansi, akuntabilitas, efisiensi dan integritas dalam memberikan pelayanan. Secara personal seluruh aparatur harus memegang teguh prinsip itu dalam bekerja. Bupati Lombok Barat telah memberikan petunjuk untuk menjadi pedoman dengan menerbitkan Peraturan Nomor 39 tahun 2017 tentang Kode Etik dan Aturan Prilaku PNS Lingkup Kabupaten Lombok Barat.

Kemudian dalam rangka mereformasi diri, harus mengapresiasi era keterbukaan informasi dengan memanfaatkan teknonologi informasi. Disamping untuk menyebarluaskan program kerja termasuk melibatkan sebanyak banyaknya masyarakat,  pemanfaatan dunia IT dan media social diperlukan agar proses hubungan dengan masyarakat lebih interaktif. Ssebagai contoh keluhan masyarakat menjadi lebih mudah tersalurkan bahkan mudah dijawab dengan  program program positif yang kita kerjakan.

“Saya harapkan revolusi industry  4.0 dikalangan Aparatur Sipil Negara akan member dampak positif, tidak hanya secara personal tetapi juga instansional, sehingga efektifitas program kerja menjadi tepat guna dan sasaran,” harap Fauzan Khalid dalam sambutannya. Diskominfotik/rasidibragi

print