Desa Digital  Percepat Pelayanan Masyarakat Berbasis Online

Gerung-Desa digital menjadi tematik pengembangan desa ke depan menjadi desa berbasis informasi teknologi (IT) yang syarat dengan pelayanan publik melalui sistem digitalisasi guna mempercepat pelayanan masyarakat melalui jaringan online. Kecuali itu desa digital dimaksudkan untuk mempercepat perwujudan kesejahteraan umum. Menciptakan desa yang profesional, efektif, efesien, bertanggung jawab. Memperkuat ekonomi desa serta mengatasi kesenjangan pembangunan nasional dan memperkuat masyarakat desa sebagai subjek pembangunan.

Dalam rangka itulah Pemkab Lombok Barat melalui Dinas Kominfo Statistik tengah berupaya memacu setiap desa di Lombok Barat untuk bisa membentuk desa digital.

Plt Kepala Dinas Kominfo Statistik Lombok Barat Ali Asgar, SH ditemui di ruang kerjanya, Kamis (29/8/2019) menjelaskan, dari 123 desa/kelurahan se Lombok Barat hingga saat ini baru 17 desa yang sudah mengarah dan merespon positif untuk disegerakan pembentukan desa digital melalui pendampingan alih teknologi informasi dari Diskominfo Statistik.

“Diharapkan dengan terbentuknya desa digital ini pelayanan akan segala kebutuhan masyarakat bisa terlayani dengan cepat, tepat, akurat dan hemat. Selain itu terbentuknya desa digital akan mengurangi praktik-praktik percaloan atas pelayanan masyarakat,” kata Ali Asgar didampingi Kabid Egov Diskominfo Lobar Halid, SH.

Ia menambahkan, dengan adanya desa digital ini ke depan ingin mewujudkan Lombok Barat menuju kabupaten smart city, sehingga semua desa diharapkan nantinya memiliki website. Selain itu searah dengan tujuan pembangunan di Lobar yang tertuang dalam RPJMD yakni meningkatkan SDM Lombok Barat yang semakin meningkat.

“Hal ini juga sejalan dengan arah dan tujuan pembangunan nasional dibawah pemerintahan Presiden Joko Widodo untuk membangun dan mengembangkan SDM masyarakat Indonesia yang jauh lebih baik. Sehingga dengan adanya desa digital ini pengembangan dan peningkatan SDM akan jauh lebih cepat khususnya di Lombok Barat. (her)

print