Desa Duman Gelontorkan DD Untuk Korban Gempa

Gerung-KIM. Pemerintah Desa Duman Kecamatan Lingsar sudah mulai menggelontorkan dana tanggap bencana dengan Dana Desa (DD). Dana sebesar 25 juta sudah di kucurkan untuk pembelian kebutuhan masyarakat seperti terpal, air mineral, lampu dan mie instan.

“Saya sudah alokasikan DD di perubahan untuk pembiayaan kebutuhan masyarakat. Warga Duman yang berpenduduk 1900 KK atau 4800 jiwa hampir 90% mengungsi keluar rumah menyebar di 35 titik di lapangan dan tanah lapang milik pribadi. Ada juga warga Kota Mataram mengungsi cari aman di lapangan Duman sekitar 4 KK,”ujar Pjs. Kades Duman Musanip ditemui Jumat (10/8) di Gerung.

Dikatakan, pendistribusian bantuan dari pihak Kecamatan sudah di salurkannya ke warga yang lebih parah kondisinya. Misalnya di Duman Utara sekitar 230 KK rumah warga hancur total, sehingga bantuan lebih diutamakan. Bantuan lainnya juga lewat  DD untuk bisa membantu mengurangi beban mereka meskipun hanya kebutuhan terpal dan air. “Alhamdulillah Semua Kadus Se Desa Duman inisiatif siapkan air bersih selain bantuan dari luar,”pungkas Musanip. (Dedy/KIM Narmada Berdayasaing)

print