Desa Kedaro Bangun Bale Pertemuan Kelompok Tani

Sekotong Diskominfotik, Desa Kedaro Kecamatan Sekotong sebagian besar penduduknya petani mewadahi dirinya dalam bentuk kelompok kelompok tani.

Ada 42 Kelompok tani di Desa Kedaro tergabung dalam satu wadah yaitu Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan) Desa Kedaro.

Guna menfasilitasi kebutuhan akan sarana prasarana pertemuan Plt. Kepala Desa Kedaro membangunkan Pos Penyuluh (Posluh) atau bale pertemuan melalui Anggaran Dana Desa (DD) tahun 2019 yang pelaksanaannya tahun 2020.

Peresmian dan serah terima Pos Penyuluh atau bale pertemuan tersebut dilakukan oleh Plt. Kepala Desa dengan Pengurus Gabungan Kelompok Tani Desa Kedaro di Lokasi bangunan Posluh Desa Kedaro Senin, 24/08/2020.

Plt. Kepala Desa Kedaro Sahnam dalam sambutannya mengatakan bahwa Kelompok Tani di Desa Kedaro ini jumlahnya cukup besar dan kesulitan dalam melakukan pertemuan pertemuan dan Gabungan Kelompok Tani ini  mengusulkan agar dibangunkan bale pertemuan. Atas dasar itu dalam Musyawarah Desa Tahun 2019, dianggarkan melalui Dana Desa (DD).

“Kelompok tani di Desa Kedaro tergolong besar, selalu kesulitan dalam melakukan pertemuan-pertemuan karena masalah tempat, melalui usulan yang diajukan oleh Gabungan Kelompok Tani ini  sehingga kami menganggarkan di Musdes tahun 2019, untuk di bangunkan balai pertemuan melalui  Dana Desa (DD), dan Alhamdulillah sekarang ini sudah terealisasi.” terangnya.
Sahnam juga berpesan “setelah serah terima nantinya, agar semua kelompok tani bertanggung jawab untuk memeliharanya, baik secara pungsi maupun pemanfaatannya. Dan yang tidak kalah pentingntya ketersediaan kelengkapan administrasi dan data semua kelompok tani,” tambahnya.

“Kami berharap agar kedepannya,para petani di Desa Kedaro,semakin maju dan pandai mengolah pontensi alam yang ada di desa.” Sambungnya.

Acara tersebut di hadiri oleh seluruh kelompok tani yang ada di Desa Kedaro, Kepala UPTD Pertanian Kec.Sekotong, Mujitahid,S.Pt,PPL, Babinsa, Babinkamtibmas, Kadus dan para tokoh lainnya di desa ini.

Sementara itu Kepala Unit Pelaksana Teknis (UPT) Dinas Pertanian Kecamatan Sekotong Mujitahid S.Pt dalam sambutan mengucapkan terima kasih dan apresiasi kepada Kepala Desa Kedaro yang telah mempasilitasi ruang atau tempat Posluhdes/bale pertemuan kelompok tani di Desa Kedaro.

“Dan ini merupakan pendorong bagi para kelompok tani untuk maju dan merupakan satu-satunya yang ada di desa kedaro, belum ada di tempat lain, tinggal sekarang bagaimana kita memanfaatkan fasilitas yang ada.” terangnya

“ Mari buat tempat ini menjadi ajang diskusi untuk kebaikan bersama,khususnya di bidang pertanian, sehingga ekonomi kita lebih cepat terangkat,” ajaknya.

Sedangkan Ketua Gapoktan Desa Kedaro, H Zaenul pada saat di minta menyampaikan kata sambutan, merasa sangat senang dan berterima kasih atas di bangunnya bale pertemuan bagi gapoktan tersebut.

“Terimakasih kami ucapkan kepada Kepala Desa yang telah memfasilitasi kami bale  pertemuan ini. Dengan adanya bale pertemuan ini, ada wadah diskusi kami, keluhan kami selama ini masalah tempat sudah terjawab.” kata H.Zainul.

“Tak lupa kami ucapkan terimakasih kepada Bapak KCD dan PPL selaku pembina di lapangan, babinkamtibmas dan babinsa kedaro yang turut menyaksikan, semoga dengan diresmikannya bale pertemuan ini, akan menunjang kesejahteraan bagi petani kedepannya di Desa Kedaro,” harap Ketua Gapoktan ini.(zul/Sumber KIM Sekotong).

print