DESA SANDIK JADI DESA SIAGA TBC PERTAMA DI LOMBOK BARAT

Batulayar, Diskominfotik KIM Layar Stone Tuberkulosis (TB) yang juga dikenal dengan singkatan TBC merupakan penyakit menular yang disebabkan oleh basil dari bakteri Mycobacterium tuberculosis. Tuberkulosis dapat menyerang bagian paru-paru dan paling umum menyebabkan infeksi tuberkulosis pada paru-paru.

Penyebaran penyakit ini melalui batuk atau bersin orang yang mengidap penyakit Tuberkulosis kemudian terhirup oleh orang sehat yang kekebalan tubuhnya lemah terhadap penyakit tuberkulosis. Walaupun biasanya menyerang paru-paru, tetapi penyakit ini dapat memberi dampak juga pada tubuh lainnya, seperti sistem saraf pusat, jantung, kelenjar getah bening, dan lainnya.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Lombok Barat drg. Hj. Ni Made Ambaryati me lounching Desa Siaga TBC di Desa Sandik, Kecamatan Kecamatan Batulayar, Jumat 26/03/21.

Pembentukan Desa Siaga TBC ini bertujuan untuk mensosialisasikan dan mengedukasi masyarakat tentang bahaya dan penyebaran penyakit TBC dan faham cara penanggulangannya.

Ambaryati menambahkan bahwa Desa Sandik merupakan Desa pertama di Lombok Barat menjadi Desa Siaga TBC dan menginginkan, Desa Siaga TBC dapat juga dibentuk secara menyeluruh di Kabupaten Lobar agar penanganan TBC lebih masif.

“Kedepan bagaimana desa-desa lain juga dapat mengambil langkah sama dengan membentuk Desa Siaga TBC,” harapnya.

Selain penanganan kasus TBC pada semua sektor, Pemerintah Kabupaten Lobar juga menjamin bahwa setiap pengobatan pasien digratiskan. Dengan begitu masyarakat dapat lebih aktif memeriksakan diri kesetiap pelayanan kesehatan. (Diskominfotik/YL)

print