DESA SURANADI DINILAI PADA LOMBA DESA TINGKAT PROVINSI NTB

Narmada, Diskominfo – Desa Suranadi Kecamatan Narmada Kabupaten Lombok Barat dinilai sebagai peserta Lomba Desa Tingkat Provisni Nusa Tenggara BarAT (NTB), Sabtu, (15/6/2019). Penyambutan Tim Penilai dilakukan dengan mengalungan bunga kepada Ketua Tim Penilai di jalan depan kantor desa tersebut.
Kepala Desa yang didampingi Camat Narmada dan Kepala Dinas PMD memberi hormat dan diiringi musik tradisional Gendak Belek. Alunan music gendak belek semarakkan penyambutan tim penilai hingga gerbang kantor desa. Sesampainya di pintu gerbang kantor desa disambut pula dengan tari penyambut zikir zaman dari warga yang beragama isalam. Sesampainya di pelataran Tim Penilai juga disambut dengan tari Pendet lengkap dengan musik dan penarinya dari sekehe (group musik) warga yang beragama hindu. Tim Penilai disuguhkan oleh berbagai potensi sekaligus menunjukkan partisipasi ribuan warga masyarakat yang siap untuk dinilai desanya.
Pejabat setingkat Kabuaten Lombok Baratpun turut memberikan sambutan di lokasi di lokasi acara. Wakil Bupati Lombok Barat Hj. Sumiatun, Sekretaris Daerah, Pimpinan Perangkat Daerah dan undangan lainnya menyambut Tim Penilai.

Tim Penggerak PKK Desa Suranadi sebagai ujung tombak dalam meruabah perilaku warga desa dari sisi pemberdayaan perempuan dan kesejahteraan keluarga juga ikut tampil. Mereka trampil menyajikan lagu Indonesia Raya, Lagu Mars PKK dan Mars Lombok Barat. Hadirin dan Panitiapun merespon dengan tepuk tangan.

Kepala Desa Suranadi Nyoman Adwisana yang mengawali pidato penyampaian selayang pandang desanya menyatakan optimis memenangkan lomba desa tahun 2019 ini. Dalam Paparannya, seluruh potensi desa disampaikan baik berupa legislasi yang sudah dibuat maupun potensi sumberdaya alam dan sumber daya masyarakatnya. Dikatakan, telah menginisiasi beberapa tempat wisata alam dengan memanfaatkan potensi air yang selalu melimpah di sepanjang musim, bahkan akan dibangunnya kolam renang bertaraf internasional.
“berbagai upaya telah kami lakukan mengembangkan pariwisata dengan memanfaatkan ketersediaan air. Di desa kami juga akan di bangun kolam bertaraf internasional dengan memanfaatkan air yang tak pernah kering sepanjang musim,” ungkapnya.

Sementara itu Wakil Bupati Lombok Barat Hj. Sumiatun juga merasa bangga atas prestasi yang diperoleh Desa Suranadi. Disamping menjadi desa terbaik tahun 2019 ini juga karena desa ini mengelola keuangan desa sudah berada pada jalur yang benar dimana 80 porsen anggaran pembangunan desa Suranadi dialokasikan untuk pembangunan infrastruktur, sarana prasaran, sumberdaya manusia dan sumberdaya lainnya.

“Namun patut saya banggakan adalah lebih dari Rp1,6 milyar atau 80% dari total APBDes tersebut dipergunakan untuk pemangunan baik dalam belam bentuk belanja modal infrastruktur atau sarana prasarana, pemangunan sumberdaya manusia, pemberdayaan dan lain sebagainya. Artinya desa ini telah mampu mengalokasikan sedemikian besar anggaran desanya untuk ikut andil dalam perepatan pembangunan,” ungkapnya.

Ketua Tim Penilai Lomba Desa yang juga Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa Provinsi NTB Ashari dalam sambutannya memuji pemaparan Kepala Desa Suranadi. Menurutnya selama menilai tahun ini baru dua desa yaitu Lombok Timur dan Lombok Barat, Kepala Desa Suranadi bagus memaparkan profil desanya. Hal ini menjadi modal besar ungkapnya.
“baru 2 desa sampai hari ini kami nilai, termasuk Desa Suranadi ini. Kami juga melihat dan mendengarkan dari pemaparan selayang pandang Kepala Desa Suranadi. Kami sudah dapat menangkap dan kemudian kami akan liat dilapangan, begitu juga bagimana peran BPDnya,” ungkapnya.

Lomba desa dilanjutkan dengan kunjungan Tim Penilai ke Lapangan terutama memeriksa kelengkapan Administrasi, keadaan di lapangan yang sebenarnya, termasuk melihat beberapa potensi yang termuat dalam profis desa. Ada beberapa kelompok pengerajin dan kelompok pengusaha yang sudah sukses dalam meningkatkan pendapatan warga masyarakat Suranadi.

Hadir dalam acara lomba desa tingkat Provinsi NTB tersebut, Wakil Bupati Lombok Barat, Ketua Tim Penilai Lomba Desa Provinsi NTB bersama romaongan, Ketua Tim PKK Kabupaten Lombok Barat, Asisten dan Pimpinan Perangkat Daerah lainnya, Camat Narmada, Kapolsek Narmada, Danposramil Narmada, Kepala-kepala Desa se Kecamatan Narmada, tokoh masyarkat, tokoh agama dan tokoh adat Desa Suranadi dan warga masyarakat desa Suranadi. Kominfo (rasidibragi)

print