DESA TAMAN AYU LOBAR, MENJADI PILOT PROJECT PEMBERDAYAAN LANSIA (ALZHEIMER INDONESIA)

Gerung, Diskominfotik KIM Lintas Desa Gerung- Desa Taman Ayu Kecamatan Gerung Kabupaten Lombok Barat ditunjuk sebagai Pilot Proyek Pemberdayaan Lansia yang dilakukan oleh Alzheimer Indonesia.

Lombok Barat merupakan satu-satunya kabupaten/Kota di Nusa Tenggara Barat sebagai Pilot Proyek Pemberdayaan Lansi oleh AlZheimer Indonesia ini.

Kegiatan ini berlangsung selama 3 hari dan akan berlanjut selama 3 bulan untuk menyelesaikan pilot projek di berbagai wilayah di Indonesia.

Hal ini disampaikan oleh Direktur Eksekutif Alzheimer Indonesia Michael Dirk Roelof Maltimoe saat bersilaturrahmi dengan Bupati Lombok Barat H. Fauzan Khalid di ruang kerjanya Selasa 16/02/21.

Dalam kunjungannya Direktur Eksekutif Alzheimer Indonesia, Michael Dirk Roelof Maltimoe menjelaskan bahwa penyakit Demensia adalah sebuah sindrom yang berkaitan dengan penurunan kemampuan fungsi otak, seperti berkurangnya daya ingat, menurunnya kemampuan berfikir, serta menurunnya kecerdasan mental. Sindrom ini umumnya menyerang orang-orang lansia yang berusia di atas 65 tahun. Sedangkan Alzheimer adalah penyakit otak yang mengakibatkan penurunan daya ingat, kemampuan berpikir dan bicara, serta perubahan perilaku secara bertahap. Kondisi ini juga banyak ditemukan pada orang-orang berusia di atas 65 tahun.

Menurut Michael Dirk dalam kegiatan nantinya, akan dilakukan pemberdayaan kepada lansia. Juga memberikan screening Demensia kepada lansia dan selanjutnya, meningkatkan pemahaman publik mengenai penyakit Alzheimer dan Demensia yang bertujuan untuk mendorong para lansia agar lebih aktif dan lebih sehat di masa senjanya, serta mengedukasi masyarakat agar lebih peduli dan perhatian terhadap orang tua yang kebanyakan menderita Demensia Alzheimer, seperti pelupa, berperilaku yang tidak sewajarnya dll, hal ini agar masyarakat benar-benar memahami untuk mengurangi penyakit tersebut.

Dengan mengusung jargon “JANGAN MAKLUM DENGAN PIKUN” Pihaknya juga telah melakukan sosialisasi bersama masyarakat bagaimana cara menerapkan pola hidup bersih dan sehat (PHBS), terutama sosialisasi untuk patuh protokol kesehatan guna memutus rantai penularan virus corona, melakukan screaning dan juga tes kesehatan bagi para lansia.

Michael berharap agar pemerintah Lobar untuk mensuport apa yang menjadi tujuan dan prioritas organisasi ini.

Sementara itu Bupati Lombok Barat H. Fauzan Khalid menyambut baik dan menyampaikan terimakasih kepada organisasi Alzheimer Indonesia karna telah memilih Lobar sebagai pusat edukasi masyarakat khususnya bagi para lansia, dan hal ini nanti akan berkaitan dengan program pemerintah yakni posyandu keluarga,”ungkap Bupati (Diskominfotik/ KIM Lintas Desa Gerung /Angge)

print