Dewan Seni dan Budaya Lobar Angkat Kearipan Lokal

Narmada-KIM. 24 Nopember 2017. Semarakan Musyawarah Nasional dan Konfrensi Besar Nahdatul Ulama (NU) yang berlangsung di Nusa Tenggara Barat (NTB). Dewan Seni dan Budaya Lombok Barat angkat kearipan lokal melalui Tumpang Sile Budaya, bersama para Budayawan Kabupaten Kota se- NTB. Nara sumber terdiri dari Pemerhati Budaya Nasional, Dewan Budaya Lombok Barat, Dewan Budaya Kota Mataram dan Ketua Aliansi Masyarakat Adat Nusantara (Aman) NTB. Kegiatan berlangsung di gedung budaya Kecamatan Narmada Lombok Barat Jum’at, (24/11).

Adapun tujuan di gelarnya tumpang sile budaya tersebut untuk meriahkan Munas Nasional NU sekaligus untuk memahami dan mengangkat budaya lokal, selain dari itu untuk membudayakan identitas jati diri masyarakat Lombok, Bali, dan jawa yang banyak memiliki persamaan keaksaraan, itu menjadi dasar pemikiran budayawan nusantara untuk menggali dan melestarikan aksara lokal nusantara.

Bupati Lombok Barat H. Fauzan Khalid sangat mendukung seni dan budaya khususnya yang ada di Lombok Barat. Dukungan itu di buktikan dengan keluarnya Peraturan Bupati (perbub) yang mengatur seni dan budaya.

Dengan keluarnya perbub itu tentu menjadi bukti kuat kalau mantan Ketua KPU NTB itu benar-benar memperhatikan seni dan budaya yang ada di Lombok Barat.
Dewan Budaya Lombok Barat juga akui kalau H.Fauzan Khalid merupakan bupati yang pertama di Indonesia timur mengeluarkan perbub terkait seni dan budaya.

Selain mendukung penuh, bupati yang lulusan sastra arab itu
meminta agar budaya lokal terus di kembangkan dan di lestarikan oleh Dewan Budaya Lombok Barat.
“Kalau bisa Dewan Budaya adakan kegiatan semacam ini secara reguler,”harapnya
Di moment itu pun ia mengajak tokoh budaya Kabupaten Kota di NTB agar menggunakan Gedung Budaya sebagai tempat membudayakan semua bentuk seni budaya di Lombok,”pungkasnya

Hadir pada acara tumpang sile budaya tersebut Camat Narmada, Kepala Desa, Ketua cabang NU Kecamatan Narmada, budayawan, serta pemuda dan mahasiswa Unram.Kim berdaya saing/Dedy

print