Dinas Koperasi Dan UMKM Lobar Adakan Sosialisasi Ijin Usaha Mikro

Kuripan KIM, Dinas Koperasi dan UMKM Kab. Lombok Barat menggelar Pertemuan Sosialisasi Pemberian Ijin Usaha Mikro dan Kecil pada tanggal 12 Mei  2017,  yang bertempat di Aula Kantor Desa Giri Sasak. Hadir dalam acara tersebut Kabid. UMKM bagian perijinan Sudirman, SH.

Tujuan dari kegiatan Sosialisasi ini adalah untuk memberikan penjelasan kepada para usha Mikro dan kecil yang ada di Desa Giri Sasak tetang mekanisme dan proses dalam mengurus ijin usaha. Dalam sambutannya  Sudiman menyampaikan, ” Pemberian Izin Usaha Mikro pemerintah kabupaten Lombok Barat memberikan  Pelimpahan Sebagian Urusan Pemerintahan yang Menjadi Kewenangan Pemerintah Daerah kepada Camat, diharapkan agar adanya kemudahan pelaku UKM memperoleh Izin Usaha Mikro dan Kecil (IUMK) berupa naskah IUMK yang diterbitkan oleh Camat untuk mempermudah memperoleh akses permodalan dengan pihak perbankan. ” Ungkapnya.

Kepala Desa Giri Sasak Hamdani dalam sambutannya juga menambahkan ” Kami sangat bersyukur dan bereterima kasih Kepada Pemerintah Kabupaten Lombok Barat yang telah memberikan kepercayaan kepada Desa kami diadakannya kegiatan Sosialisasi IUMK ini, kami dari pemerintah Desa dalam kurun waktu satu tahun ini terus berupaya melakukan perbaikan dan pembenahan dalam segala aspek diantaranya Kegiatan pembangunan Infrastruktur Desa, Kegiatan Pembinaan Masyarakat Desa,dan Kegiatan pemberdayaan  Masyarakat Desa melalui ADD dan Dana Desa. Itu menjadi komitmen saya selaku Kepala Desa hal ini kami lakukan  semata – mata bertujuan untuk meningkatkan perekonomian bagi warga Desa kami.

Ia juga menambahkan kami mengharapkan dengan adanya kegiatan ini menambah pengetahuan tentang kemudahan dan manfaat IUMK bagi pelaku Usaha Mikro dan Kecil yang ada di Desa Giri Sasak Khususnya dan Kabuapten Lombok Barat pada umumnya.

Hal ini merupakan angin segar bagi pelaku usaha mikro dan kecil yang biasanya kesulitan mendapatkan akses permodalan. Pun sangat diharapkan dengan adanya kegiatan ini semua pihak yang berkepentingan dapat membantu para pelaku UMKM yang ada di di Desa Giri Sasak  merasakan manfaatnya. pelatihan itu diikuti oleh 30 orang pengusaha kecil di Desa Giri Sasak. Akhyar/KIM Kurtura

print