Dulahir Pimpin Apel Pagi di Diskominfo Lobar

Gerung, Kominfotik-Sekretaris Daerah Menyapa Organisasi Perangkat Daerah (OPD) menjadi gagasan terbaru dari Sekda Lombok Barat Dr H Baihaqi, MM, M.Pd sejak dilantiknya pada awal Januari 2020 lalu sebagai pucuk pimpinan birokrasi lingkup Pemkab Lombok Barat. Rabu (5/220) Staf Ahli Bidang Aparatur dan Pemerintahan Setdakab Lombok Barat H Dulahir memimpin apel di Dinas Kominfotik Lombok Barat. Seluruh pejabat lingkup Diskominfo Lobar dan para karyawan mengikuti apel pagi tanpa kecuali.

Staf Ahli Bidang Aparatur dan pemerintahan H Dulahir mengingatkan agar seluruh ASN se Lombok Barat tidak terkecuali di lingkup Diskominfotik Lobar untuk selalu memaknai disiplin ASN seperti apel pagi sebagai bentuk tanggungjawab dan kesiapan ASN dalam menjalankan tugas dan tanggungjawabnya sebagai abdi negara.

H Dulahir yang juga mantan Kepala Dinas Perijinan Terpadi Satu Pintu Lobar ini juga mengungkapkan, apa yang dilakukannya seperti saat ini berkelililing secara bergantian ke seluruh OPD se Lobar memimpin apel, tidak lain dimaksudkan untuk menjalin komunikasi hubungan silaturrahmi dengan seluruh OPD yang ada. Untuk mewujudkan tata kelola pemerintahan yang baik haruslah didasari dengan komunikasi yang intens untuk menyelesaikan setiap permasalahan yang ada dalam penyelenggaraan program kegiatan Pemda jika ada yang ditemukan.

Ia juga menakankan agar dalam pelaksanaan RPJMD Lombok Barat agar dilakukan sinkronisasi yang intensif dengan seluruh OPD se Lombok Barat agar muaranya nanti bias dipertanggungjawabkan oleh Badan Publik (pemerintah) kepada masyarakat.

Selain itu target-target yang tertuang dalam RPJMD Lobar lima tahun ke depan seperti langkah-langkah penurunan kemiskinan juga menjadi bagian tugas dan peran Kominfotik. Ia mencontohkan bagaimana upaya Kominfotik untuk mengatasi daerah-daerah blank sport di Lombok Barat ini yang tidak terjangkau layanan informasi dan komunikasi. Karena ketersediaan layanan informasi dan komunikasi yang memadai akan mempermudak akses informasi bagi masyarakat di daerah-daerah pinggiran. Termasuk juga ketersediaan layanan informasi ini akan menimbulkan kegairana berinvestasi bagi para investor.

“Jadi semua ini sangat berperan dan berdampak pada upaya penurunan kemiskinan di Lombok Barat yang masih tinggi saat ini,” ungkap Dulahir.

Usai apel pagi, Sekretaris Kominfo Lobar Drs Rasidi bersama seluruh karyawan Diskominfotik Lobar Staf Ahli H Dulahir menggelar rapat di aula Kominfo untuk mendengar masukan-masukan dan saran bagi perbaikan dan penyempurnaan kinerja Kominfo ke depan agar menjadi lebih baik.

“Atas semua permasalahan tersebut saya siap mendampingi Kominfo nanti untuk diagendakan pertemuan khusus dengan sekda Lombok Barat, agar apa yang dipermasalahkan bias dicarikan jalan keluarnya,” ujar Dulahir. (her)

print