DUSUN BUNTAGE DESA GIRI SASAK LUNCURKAN PRODUK MAKANAN RINGAN KWT AZZORA

Kuripan Diskominfotik, 7/7/2020 Kelompok Wanita Tani (KWT) Dusun Buntage Desa Giri Sasak Kecamatan Kuripan membuat olahan makanan ringan yang diberi label KWT AZZORA.

Olahan makanan ringan ini berbahan dasar singkong yang dicincang kecil-kecil digorang dan diberi bumbu sehingga menghasilkan rasa agak pedas dan renyah.

Menurut Ketua Kelompok Rohani, S.Pd. produk olahan makanan berbahan dasar singkong ini digeluti karena singkong merupakan tanaman pekarangan yang banyak ditanam dirumah-rumah warga sehngga tidak terlalu sulit memperoleh bahan bakunya.

Kelompok Wanita Tani ini beranggotakan 33 orang yang mayoritas berprofesi sebagai ibu rumah tangga sehingga memiliki waktu yang cukup luang untuk berkejasama memproduksi makanan olahan ini, memiliki peran Masing-masing mulai dari mengumpulkan bahan baku, mengupas, menggoreng dan mengemas.

Setiap hari kelompk ini hanya mampu memproduksi 120  kemasan  perhari diberi label KWT AZZURA, setiap kemasan berisi 12 bungkus kecil seharga Rp. 1000,-

Ditambahkan oleh Rohani mengenai pemasarannya masih terbatas disekitar desa atau pasar desa belum menyentuh ke pasar yang lebih luas karena terkendala sumberdaya dan pemodalan, dia berharap kedepan ada bantuan dan pembinaan dari instansi terkait untuk pemodalan, pengolahan, pengemasan sampai dengan pemasaran sehingga dapat mendongkrak ekonomi anggotanya. Harap Rohani.

Sementara Kepala Dusun Buntage Asrul Asmanu, mnguatkan apa yang telah disampaikan Rohani, agar kedepan ada pembinaan dari instansi terkait agar bisa memproduksi dan pengembangan  usaha yang lebih maju lagi sehingga produk KWT Azzura ini dapat dikenal oleh masyarakat lebih luas lagi. (Diskominfotik/B.Ria)

print