Eforia Sang Jawara dari Desa Suranadi

Narmada, Kominfo. Setelah hamper sepekan Kepala Desa Suranadi, Kecamatan Narmada, Lombok Barat mengikuti assessment penilaian Lomba Desa di nasional wilayah Region IV yang meliputi, provinsi Bali, NTB, NTT, Maluku, Papua Barat di Kementerian Dalam Negeri, akhirnya rekor juara yang didambakan sebagai tradisi juara yang sebelumnya telah ditorehkan Desa Lingsar dalam lomba serupa, kini Desa Lingsar kembali menorehkan sejarah emas kembali dengan meraih juara pertama nasional lomba desa regional IV.

Senin (19/8/2019) rombongan pengharum nama baik Lombok Barat di tingkat nasional tersebut tiba kembali di Desa Suranadi. Kepulangan Kades Suranadi bersama Kepala Dinas PMD Lombok Barat dan camat Narmada, Bq Yeni S Ekawati disambut Sekretaris Daerah HM Taufic, M.Sc dan seluruh kepala OPD lingkup Pemda Lombok Barat.

Berbagai jenis tetabuhan dan kelompok musik tradisi menekspresikan kemampuannya guna menyambut sang jawara yang menorehkan kemenangan puncak dan mengharukan masyarakat Lombok Barat.

Sebelum tinggal landas di Bandara Internasional Lombok (BIL) sejumlah PNS Lombok Barat yang diwakili oleh semua OPD Lombok Barat menunggu kedatangan Kades Suranadi bersama rombongan. Selanjutnya start dari BIL kendaraan foredes dari seluruh OPD se Lombok Barat menuju ke Desa Suranadi.

Sekretaris Daerah Lombok Barat HM Taufik mengekspresikan kebahagiaanya tida henti atas juara nasional yang diperoleh Desa Suranadi, meneruskan tradisi juara nasional serupa yang ditorehkan Desa Lingsar di tahun sebelumnya.

“Ini adalah prestasi yang prestisius sekaligus menjadi tantangan yang tidak kecil ke depan. Karena bagaimanapun seorang juara harus mampu mempertahanakan marwah kejuaraannya dengan baik, agar menjadi sprit bagi desa-desa lainnya untuk bias maju, berkembang dan berprestasi atas raihan yang diperoleh Desa Suranadi,” kata Sekda.

Sekda menekankan,dengan status juara yang diperoleh Suranadi akan menjadi magnit kunjungan dari berbagai desa dari daerah lain. Tentu untuk belajar bagaimana penata kelolalan sebuah desa yang insfiratif dan kreatif sehingga mampu membuahkan hasil sebagai juara.

”Saya memastikan dengan predikat juara bagi Suranadi, akan banyak tamu-tamu yang akan berdatangan nantinya untuk belajar ke Desa Suranadi atas keberhasilannya itu. Namun saya tekankan melalui Kabag Pemerintahan Setda Lobar untuk mengarahkan tamu-tamu yang dating study banding ke Desa Suranadi nantinya untuk menginap di sejumlah pasilitas akomodasi di Desa Suranadi, agar menjadi nilai tambah bagi lalulintas ekonomi bagi masdyarakat Suranadi,” ujar Sekda. (her)

print