Fun Bike Jelajah Senggigi-Mangsit Sekaligus Nikmati Panorama Alam

Batulayar-KIM. Salah satu upaya Pemkab Lobar dalam mengembalikan kejayaan pariwisata Lobar adalah dengan mengadakan berbagai even. Even-even ini dilaksanakan sebagai upaya untuk membuktikan bahwa Lobar sudah aman dari gempa dan siap menerima kunjungan wisatawan.

Salah satu event yang dilaksanakan bulan ini adalah sepeda santai (fun bike). Kegiatan ini selain untuk olahraga juga untuk mempromosikan Senggigi sebagai lokasi yang asyik dijadikan sebagai lokasi bersepeda bagi siapa saja.

Lebih dari 4000-an peserta ikut ambil bagian dalam kegiatan ini. Sejak pagi-pagi mereka sudah tak sabar untuk memulai start.

Sebelum acara dimulai didahului dengan senam sepeda di lokasi. Lokasi start dan finis sendiri ada di halaman hotel Montana. Dari lokasi ini peserta berangkat menuju arah Mangsit dengan jarak sekitar 4 km. Di Mangsit, tepatnya dekat Holiday Inn, peserta berbelok kembali ke lokasi start. Total jarak yang ditempuh adalah 8 km.

Tepat pukul 07.00 fun bike dilepas Bupati Lobar H Fauzan Khalid. Ia beserta para pejabat Pemkab Lobar ikut pula bersepeda bersama peserta lainnya.

Rute Senggigi-Mangsit ini sendiri cukup mengasyikkan dijadikan sebagai rute bersepeda. Dari lokasi start, sepanjang kiri kanan jalan nampak hotel-hotel dan restauran berjejer. Setelah melewati hotel-hotel, para peserta memulai jalur tanjakan di sebelah hotel Sheraton. Tanjakan ini tak begitu tinggi namun lumayan melelahkan.

Sejumlah peserta terpaksa turun menuntun sepedanya. Setelah sampai di puncak tanjakan, peserta disuguhkan pemandangan indah. Bila menengok ke arah pantai, akan nampak keindahan pantai Senggigi.

Di lokasi ini peserta sudah disediakan air minum gratis oleh panitia. Sebagian peserta mengambil minum, tapi sebagian besar lainnya melanjutkan perjalanan.

Perjalanan selanjutnya agak ringan karena ada turun-turunan. Kelelahan menanjak tadi, berganti dengan kenikmatan melaju tanpa mendayung.

Sekitar 1 km melaju, tanjakan terakhir menanti. Tanjakan ini merupakan perbatasan antara Dusun Kerandangan dan Mangsit. Lagi-lagi peserta ngos-ngosan menanjak. Untungnya di puncak tanjakan, ada pos air minum disediakan. Setelah melewati tanjakan ini, kembali peserta melaju di turun-turunan yang agak berliku. Jalannya sangat teduh karena di sepanjang kiri kanan jalan pohon trembesi lebat menaungi jalan.

Perjalanan berlanjut menuju ke Mangsit yang merupakan lokasi tempat para peserta berbalik arah.

Di lapangan depan Holiday Inn, para peserta berputar setelah terlebih dahulu mengumpulkan potongan kupon door prize. Setelah itu peserta berbalik menuju ke tempat star tadi.

Seluruh peserta sangat antusias menunggu undian door prize,salah satu hadiah utama adalah Kulkas,kegirangan salah satu peserta tak terhindarkan ketika nomor undiannya di cocokan”saya sangat Bersyukur bisa mendapatkan Kulkas,hitung hitung buat persiapan nikah”Ujar Riati saat di tanya di atas panggung (11/11/2018)

Tidak sampai di situ,hadiah utama yang di tunggu tungu yakni Sepeda Motor Yang langsung di Undi oleh Bupati Lombok Barat H.Fauzan Khalid,Nomor undian yang di sebutkan Hampir di Batalkan Karena peserta yang terlalu lama menunjukan nomor yang akan di cocokan,tetapi Salah satu peserta yang Berasal Dari Yonif ini bisa membawa pulang sepeda Motor.

Seluruh Peserta Berharap di adakannya event bisa membangkitkan Pariwisata di Lombok Barat khususnya Daerah Pariwisata Senggigi. (M. Jeem/KIM Layar Stone)

print