Gangsingan Kayu Masih Digemari Anak Zaman Now

Kuripan-KIM. Di  zaman serba canggih seperti saat ini sekarang  biasa disebut dengan zaman millenial semua serba cepat dengan kemajuan teknologi yang semakin pesat dan hal ini berpengaruh pula pada pola pikir serta gaya hidup anak zaman sekarang atau yang tengah pemiliar  disebut anak zaman now.

Namun lain halnya dengan anak-anak di dusun Adeng desa Jagaraga Induk kecamatan Kuripan mereka masih gemar memainkan permainan tradisional seperti halnya gangsingan yang terbuat dari kayu dan cara memutarnya ditarik dengan menggunakan benang sifatan.

Permainan tersebut bisa dimainkan dengan cara perorangan maupun berkelompok dan anak -anak dusun setempat sangat senang memainkannya.

Selain melatih daya krativitas anak permainan tersebut juga dinilai bisa menambah keberanian anak untuk terbiasa bersosialisasi dengan sesama temannya dari pada duduk sendiri sibuk dengan gadgetnya.

Keakraban pula terlihat dari anak-anak SD dusun adeng tersebut mereka terlihat kompak bermain dengan gembira, dan sesekali mereka tunjukkan keahlian mereka bermain gangsingan dengan mengkat gangsingan mereka yang sedang berputar di tanah ke tangannya dan gansingannya pun bisa terus berputar ditangannya. (Kim Gunung Sasak/ L. Zaini Ahmad).

print