Gelar TTG Percepat Akselerasi Pembangunan di NTB

Gerung – KIM. Wakil Gubernur NTB, H.Moh Amin menyatakan, gelar Teknologi Tepat Guna (TTG) merupakan kegiatan yang sangat positif bagi daerah di NTB. Seluruh peserta mengangkat temuannya diberbagai bidang tehnologi, termasuk mempromosikannya nelalui TTG ini. “Tugas pemerintah adalah melakukan pembinaan yang tepat sehingga benar-benar dapat meningkatkan pembangunan. TTG diharapkan menjadi akselerasi daerah dalam peningkatan dan percepatan pembangunan di NTB. ,” demikian Wagub NTB pada pembukaan Gelar Teknologi Tepat Guna (TTG) XV Provinsi NTB di Bencingah Agung, Kompleks Perkantoran Bupati LOmbok Barat, Giri Menang, Gerung,  Selasa (25/4).

Gelar TTG ini dihadiri Bupati/Wakil Bupati se-NTB,  Kapolda, Dan Lanal Mataram, Ketua DPRD NTB, FKPD NTB, SKPD NTB, Bupati, Sekda, Ketua DPRD, FKPD dan SKPD se-Lobar.

Ia menjelaskan, di wilayah NTB, memang banyak teknologi di berbagai sektor yang ditemukan masyarakat. TTG ini sudah berlangsung yang ke15 kali. Ini artinya, banyak pemuda-pemuda NTB yang telah berinovasi melalui teknologi temuannya. “Semua temuan warga NTB ini merupakan inftrastruktur dasar yang patut kita harai,” jelas Ketua DPD I Partai Nasdem NTB ini.

Bagi  Bupati Lobar, H.Fauzan Khalid kehadiran Wagub, Kapolda serta  pejabat FKPD NTB serta seluruh peserta gelar TTG bisa menambah motivasi terselenggaranya gelar TTG ini. Dia berharap agar semua masyarakat Lobar khususnya dan masyarakat NTB umumnya, dapat berkreasi, berinovasi dan dapat menciptakan hal baru terkait teknologi, sehingga bisa dimanfaatkan untuk memperoleh nilai tambah bagi produktivitas sosial, ekonomi maupun budaya.

Menurutnya, berbagai temuan dan inovasi dari segenap masyarakat NTB akan ditampilkan pada gelar TTG ini. Namun yang terpenting menurut Bupati yakni bagaimana ke depan, supaya apa yang sudah berhasil diciptakan dan dipamerkan saat ini, bisa dimanfaatkan sebesarnya untuk kepentingan penemu dan masyarakat. “Pada awalnya teknologi cuma sederhana, ke depan bisa dikembangkan lagi menjadi teknologi yang lebih moderen,” harapnya.

Sejumlah teknologi unggulan masing-masing kabupaten/kota yang ditampilkan pada gelar TTG ini meliputi;  Kabupaten Sumbawa Barat (Alat pemipil jagung dan kulit, Sponprogesteron untuk mempercepat Birahi Ternak, Alat Pembangkit Listrik Sistim Arus balik dan Alat penangkap Gurita. Kota Mataram (Budidaya ikan dengan sistim Biofolk, Insenora Tormini ramah lingkungan, Hidriponik, Paper Reclycle, Lift Mini dan Robot Android). Kabupaten Lombok Timur (Meteran Digital dari bahan bekas, Bonsai Plastik, Beton ringan dari limbah batu apung, Mesin cetak bata merah dan Kaki palsu dari serat kelapa).

Berikutnya Kabupaten Bima (Pemipil jagung, Parut kelapa/pemotong pisang/singkong 3 in 1 dan Bio Masak). Kabupaten Lombok Barat  (Gergaji Serba Guna, Alat pemotong Kripik Singkong). Kabupaten Lombok Utara (Mesin sangrai Kopi, Pembuat VCO (Vergin Coconut Oil), Pres ban listrik, Kran Sahlun, Alat transpormer 3 in 1). Kabupaten Dompu (Alat kantong putih hitam & tongkat one mbolo, meningkatkanhasilbelajar operasi perkalian dan pembagian bilangan bulat siswa kelas V. Kabupaten Lombok Tengah (Teknologi Ekstrak Ekektrik, AC WCS (walter Cool Sistem), Teknologi Multi Detektor,       Mesin parut 3 in 1, Teknologi Perontok padi). Kabupaten Sumbawa (Alat Ekspansi Biogas, Terarium PG Grow Led, Alat pengering Sederhana, Jamban duduk “Bongkang” dan Kincir Air Tenaga Angin). Budi/KIM Gerbang

print