Germas,Cegah Penyakit Tidak Menular Di Kabupaten Lombok Barat

Narmada, Kominfo/KIM. Sekitar 350 orang peserta yang berasal dari 10 Kecamatan di Kabupaten Lombok Barat mengikuti acara sosialisasi Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas) yang berlangsung di Gedung Seni dan Budaya, Kecamatan Narmada, Kabupaten Lombok Barat (Lobar), Rabu ( 6/3/2019).

Acara tersebut dihadiri oleh Bupati Lobar, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Lobar, Wakil ketua Komisi IX DPR RI, Wakil Direktur Poltekkes Menkes Mataram, Sekcam Kecamatan Narmada dan Kepala Desa Lembuak.

Ketua Panitia Mutiara menuturkan, program ini adalah salah satu program pemerintah pusat dan merupakan Nawacita Presiden Joko Widodo yang mensosialisasikan Germas untuk hidup sehat dan sebagai upaya untuk menyehatkan bangsa Indonesia serta bertujuan untuk bagaimana masyarakat bisa lebih mengerti dan tahu tentang apa yang harus dilakukan supaya bisa hidup sehat.

Salah seorang peserta Germas, Diani  mengaku bahwa dirinya dan peserta sosialisasi khususnya dan masyarakat Kabupaten Lobar umumnya sangat senang dan berterima kasih kepada pemerintah. Sebab dengan program ini dirinya yang sebagai anggota masyarakat paling bawah  dapat pengetahuan tentang bagaimana cara hidup sehat yang sebenarnya .

Bupati Lobar H Fauzan Khalid menyambut baik program ini dan menyampaikan apresiasi serta penghargaan yang setinggi-tingginya kepada pemerintah pusat umumnya juga kepada Wakil Ketua Komisi IX DPR RI Hj.Ermalena.

Menurut Bupati, program ini sangat luar biasa manfaatnya terhadap  masyarakat Kabupaten Lobar khususnya yang sebelumnya mereka belum tahu tentang bagaimana cara hidup yang sehat sebenarnya. Dan kali ini daerah Lobar kembali dipercaya oleh Pemerintah Pusat  untuk program Germas ini.

Lebih jauh Fauzan menyampaikan, ada program-program baru yang dilaksanakan Dinas Kesehatan Lobar, akan mengajak pihak sekolah mulai dari tingkat SMP dan SMA sederajat. Melalui program sadar Gizi sudah ada 10 sekolah yang menjalankan program ini dan ditahun 2019 ini ada tambahan 39 sekolah yang akan melaksanakan program Sadar Gizi ini dan cara yang dilakukan oleh Pemda melalui Dinas Kesehatan Lonbar, pihaknya turun ke sekolah-sekolah untuk mensosialisasikan bagaimana cara hidup sehat dan sesering mungkin untuk berolahraga bersama.

Bupati Lombok Barat mengajak seluruh masyarakat Lobar bahwa dalam rangka HUT Lobar ke 61 ini untuk bersama-sama  mengikuti kegiatan olahraga tersebut.

Sementara Wakil Ketua Komisi IX DPR RI, Ermalena dalam penyajiannya mengajak para peserta sosialisasi ini untuk selalu melaksanakan program Germas dengan sebaik-baiknya,sebab didalam Germas banyak sekali kiat -kiat hidup sehat seperti melakukan aktifitas fisik minimal 30 menit setiap hari makan sayur dan buah, memeriksa kesehatan secara rutin, jauhi asap rokok dan lain sebagainya.

Ermalena juga mengajak peserta  agar menghindari pernikahan di usia dini, sebab diusia ini menyebabkan masa depan rusak dan suram. Ermalena berterimakasih kepada seluruh peserta dan berpesan agar peserta khususnya dan kepada seluruh masyarakat Lobar umumnya untuk tetap melaksanakan Germas dan aman dari masyarakat stunting. (Aroel/Diskominfotik/KIM Lembar).

print