Gunungsari Tuan Rumah MTQ XXVII Lombok Barat

Gerung – KOMINFO. Musabaqaqah Tilawatil Qu’an (MTQ) ke XXVII Tingkat Kabupaten Lombok Barat (Lobar) tahun 2017 dipastikan akan digelar 15 – 19 Mei 2017 di Lapangan Umum Gunungsari. Pelaksanaan MTQ ini sesuai dengan jadwal panitia dari LPTQ Kabupaten Lombok Barat seharusnya dimulai pada 13 – 17 Mei 2017, namun karena pada saat yang bersamaan di Ponpes Al-Aziziyah Kapek Gunungsari digelar Haul meninggalnya pimpinan Ponpes tersebut TGH. Mustafa Umar yang menghadirkan tokoh nasional dan Gubernur NTB, akhirnya pelaksanaan MTQ diundur menjadi tanggal 15 Mei 2017.

Kepastian pelaksanaan MTQ tersebut mengemuka saat rapat persiapan bersama pengurus LPTQ, SKPD terkait dan dari Polres Mataram dan Polres Lombok Barat di aula Jayengrana Kantor Bupati Lombok Barat Giri Menang Gerung, Kamis (4/4).

Pertemuan dipimpin Asisten III Sekretaris Daerah Kabupaten (Setdakab.) Lobar H. Fathurrahim. Ia meminta para peserta rapat dan seluruh steakholder dan mitra yang terlibat dalam pelaksanaan MTQ tersebut nantinya untuk bisa melengkapi sarana dan prasarana yang diperlukan guna mendukung suksesnya pelaksanaan MTQ dimaksud.

Menurut Fahurrahim yang juga Ketua Lembaga Pengembangan Tilawatil Quran (LPTQ) Kabupaten Lobar ini, pelaksanaan MTQ nantinya akan diikuti oleh seluruh kafilah yang ada di 10 Kecamatan se-Lobar dengan prediksi masing-masing kafilah akan mengikutsertakan 90 orang peserta termasuk para ofisiel dan penggembira. “Jadi bisa diperkirakan akan hadir sebanyak 900 orang peserta belum termasuk keterlibatan masyarakat Gunungsari, Batulayar dan sekitarnya untuk meramaikan MTQ ini. Karena itu kami meminta peran keamanan dari Polres Mataram dan Polres Lombok Barat, Pol PP, Dinas Perhubungan untuk membantu pengamanan secara maksimal. Karena bagaimanapun juga terpusatnya massa di satu tempat tidak terlepas juga dari faktor keamanan,” kata mantan Kadis Sosnakertrans Lobar ini.

Kerpala Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Lobar H. Muslim M.Ag menambahkan, pelaksanaan MTQ ini nanti akan diawali dengan pawai taaruf dari seluruh kafilah se Lombok Barat pada (15/4) dengan mengambil start dari Kantor Camat Gunungsari ke timur hingga Pasar Gunungsari dan fhinish di Lapangan Umum Gunungsari.

Dikatakan Muslim, terdapat 7 mata lomba yang dipertandingkan pada MTQ kali ini yang akan menempati 7 arena mata lomba. Diantaranya arena utama di Lapangan Umum Gunungsari, Masjid Nurul Huda Gunungsari, Ponpes Al-Aziziyah, Ponpes Addinul Qoyim, SKB Gunungsari, SMAN 1 Gunungsari dan SMPN 1 Gunungsari.

Hal penting yang diingatkan Sekretaris LPTQ LObar ini yakni agar diupayakan untuk setiap malamnya bisa diisi dengan hiburan islami bagi para pengunjung dengan menampilkan paduan suara dari anggota kesenian baik kasidah maupun orkes gambus dari sekolah-sekolah yang ada di Gunungsari. “Bahkan Tim Rebana Kasidah dari Gunungsari tidak sedikit yang pernah mentas hingga nasional,” kata Muslim. (her/Kominfo)

print