Guru Pembina UKS SD/MI Ikuti Training Sekolah Sehat

Gerung-KIM.Ratusan guru pembina Usaha Kesehatan sekolah (UKS) SD/MI se-Kabupaten Lombok Barat (Lobar) belum lama ini mengikuti training sekolah sehat (training of trainers) yang diselenggarkan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) kabupaten Lobar di aula Dikbud Lobar.

Kabid Pendidikan Dasar (Dikdas) Dikbud Lobar, H Hairudin menyatakan, Dikbud Lobar sangat mengapresiasi training sekolah sehat ini, sebab sangat penting ilmu kesehatan ini terhadap anak didik SD/MI.

Sementara itu Dirut Spektra Surabaya Roni Sya’roni menjelaskan, Spektra ini merupakan mitra tetap Yayasan Unilever Indonesia dalam dunia kesehatan khususnya kepada anak didik yang ada di SD/MI. Dikatakan, kegiatan ini memiliki satu misi satu misi yaitu misi training sekolah sehat.

Selain itu juga tambah Roni kegiatan ini membawa misi edukasi dan kampanye dan edukasi terkait 7 pembiasaan hidup sehat. Diantaranya, cuci tangan dengan sabun,gosok gigi siang dan malam, toilet bersih dan lain sebagainya.

“Jadi UKS melalui dokter kecilnya diharapkan mampu memberikan pembelajaran tentang sekolah sehat ini kepada teman sebayanya dibawah bimbingan guru pembina UKS dimasing-masing sekolahnya. Dan melalui pendidikan teman sebaya inilah diharapkan percepatan program sekolah sehat cepat tercapai,sebab dunia pendidikan dan kesehatan tidak bisa dipisah-pisahkan dua-duanya harus berjalan dan beriringan,” ungkap Roni.

Nara sumber kegiatan tersebut diantaranya Kabid Kesehatan Dikes Lobar H Abdillah dan Kasi POM Dinas Dikbud Lombok Barat Ahmad Mpd. ( Aroel/Budi/KIM Gerbang Gerung ).

print