Hujan Besar Genangi Pekarangan Rumah Warga

Narmada KIM- Sore sabtu tanggal 5 maret 2017 menjadi hari yang kurang membahagiakan bagi ibu indayani, warga Dusun Gondang Desa Sedau Kecamatan Narmada karena hujan lebat yang melanda kecamatan Narmada dan sekitarnya, betapa tidak rumah yang ditempatinya tersebut nyaris tergenang air karena luapan yang cukup besar.

 

Kurangnya serapan air, sehingga luapan air bisa terjun bebas sampai kehalaman rumah warga, belum lagi persoalan drainase yang tak kunjung tuntas sehingga tidak ada jalur pembuangan air yang menuju kesungai, akhirnya air tergenang dihalaman rumah Indayani.

 

Disebelah rumah ibu indayani, terdapat kebun milik orang Mataram, jika air yang meluap itu dibuang ke kebun milik orang Mataram tersebut warga dusun tidak berani karena belum minta izin kepada pemilik kebun tersebut.

dulu pernah diberikan izin untuk melawati kebun itu untuk oleh pemiliknya”. Kata Amaq Yuliatun Kadus Dusun Gondang ketika hujan sudah mulai reda.

 

Seakan buntu dan tidak ada solusi untuk mengatasi hal itu, sebab itulah Indayani tidak bisa berbuat banyak melihat luapan air yang besar tersebut, hanya bisa meratapi air yang besar dari gubuk kecilnya, untung saja hujan cepat reda jika hujannya lama maka air juga tanpa permisi naik ke teras rumah indiyani.

 

Warga Dusun Gondang khususnya tetangga Indiyani hanya bisa prihatin terhadap keadaan yang menimpanya karena tidak bisa membatu banyak, sebab halaman rumahnya selalu menjadi langganan genangan air setiap musim hujan datang.

“saya sangat prihatin melihatnya karena dia tidak bisa berbuat apa-apa untuk mengatasi genangan itu”. Ungkap Saiful Rahman, tetangga dekat Indiyani. (Mustar-KIM Mekar Sari)

print