Jantung Bocor, Bocah Dari Tragtag Dirujuk Ke Jakarta

Lingsar – KIM. Yusuf Hamdani (18) bayi yang terlahir tidak sempurna dari pasangan suami istri Suardi dan Irah warga Dusun Tragtag Desa Batu Kumbung, Kecamatan Lingsar Lombok Barat ini terlahir dengan kondisi tidak memiliki lubang anus dan jantung bocor yang mengakibatkan Yusuf harus mengalami dua kali operasi yaitu operasi jantung dan operasi pada lubang anusnya.
Ayah Yusuf, Suardi kepada KIM, Rabu (8/3) di rumahnya menuturkan, Yusuf baru akan di operasi lubang anus setelah operasi jantungnya selesai. Dengan wajah yang terlihat sedih  Suardi bercerita panjang lebar tentang apa yang di alami oleh buah hatinya itu.

“Saya sangat sedih dan bingung saat mengetahui kondisi anak saya kala itu. Terlebih pihak Rumah Sakit mengatakan kalau anak saya harus di rujuk kerumah sakit jantung yang ada di Jakarta dan dengan biaya ratusan juta. Tapi saya tidak pernah putus asa. Saya terus berdo’a agar saya segera di berikan jalan keluar dari masalah yang sedang saya hadapi ini dan saya tetap meyakini bahwa di balik kesulitan ada kemudahan. Dan Alhamdulillah saat saya kontrol kondisi Yusuf ke dokter ahli bedah di Rumah Sakit Kota Mataram,” kata Suardi.

Tenaga medis di RSU Mataram akan mengupayakan membantu bocah bersangkutan melalalui  Yayasan Endri’s. Pihak yayasan dimaksudpun siap membantu  guna mendampingi sekaligus membiayai Suardi dan anaknya keJakarta mulai dari tiket pesawat dan biaya hidup di sana.
Masih menurut ayah korban, setelah usia Yusuf kurang lebih satu tahun tepatnya pada Oktober 2016 lalu, Suardi dengan di dampingi pihak yayasan Endri’s berangkat membawa Yusuf kesalah satu Rumah Sakit Jantung dan Pembuluh Darah Harapan Kita Jakarta.
Namun setelah pihak Rumah Sakit melakukan pengecekan kondisi Yusuf,  pihak Rumah Sakit menjelaskan, jika saat ini i Yusuf belum bisa di operasi dengan alasan kesehatan. “Setelah beberapa hari di Jakarta saya bersama Yusuf p kembali kekampung halaman dalam kondisi sedia kala dan menunggu jadwal berikutnya,” ujar Suardi.

Selanjutnya Suardi menambahkan,  pada awal Februari lalu ia kembali membawa Yusuf  ke Jakarta namun. Namun setelah delapan hari di Jakarta ia kembali ke kampung halamannya dalam kondisi yang sama. Ia dijanjikan untukdatang kembali ada Agustus2017 mendatang. Dan emungkinan besar pada bulan Agustus nanti kemungkinan besar operasi jantung Yusuf positif akan di lakukan.

Terkait biaya opetrasi Yusuf, Suardi menjelaskan, bahwa biaya operasinya dari BPJS. “Sementara ini Yusuf membuang kotoran lewat lubang yang ada di sisi kiri perutnya yang di buatkan oleh pihak Rumah Sakit saat itu. Saya juga sangat mengharapkan bantuan dari semua pihak walaupun hanya dengan do’a untuk kelancaran operasi jantung Yusuf pada Agustus mendatang,” ungkapnya berharap. (Sapar – KIM Lestari Lingsar)

print