Jauhi Narkoba dan HIV AIDS

Batu Layar KIM. Penyuluhan tentang bahaya HIV-AIDS, Narkoba dilaksanakan di Kantor Desa Batulayar Barat berlangsung sesuai dengan yang diagendakan. Sepekan kemarin, penyuluhan Narkoba dipresentasikan oleh perwakilan dari Kapolsek Senggigi. Samsi yang bertindak selaku narasumber menjelaskan materi secara gamblang terkait bahaya narkotika.

Barang haram ini sudah menyentuh semua lapisan di ini. Mulai dari pejabat, hingga rakyat jelata. Selain membahas masalah narkoba yang marak beredar, Samsi juga membahas hukuman bagi pelaku yang tertangkap dengan penyalahgunaan narkoba. Hukuman narkoba juga tidak main-main karena sudah memiliki undang-undang. Tugas dan fungsi kita adalah menjadi lebih waspada terutama kepada anak, keluarga, lingkungan dimana kita berada, demikian urai Samsi saat menjadi pemateri.

Sementara terkait dengan materi HIV-AIDS, Made Kebon perwakilan dari Puskesmas Meninting yang didaulat menjadi narasumber. Bahaya HIV-AIDS juga tak lepas dari materi yang disampaikan oleh Made Kebon.

Penyebab timbulnya penyakit mematikan ini belum ditemukan obatnya, urai Made Kebon dalam materinya. Dengan menggunakan slide computer, pemateri memperlihatkan cirri-ciri dan akibat orang yang terjangkit HIV-AIDS. Ini rupa orang yang telah terjangkit penyakit HIV-AIDS. Orang yang terkena penyakit ini juga termasuk ibu-ibu rumah tangga yang tidak mengerti apa-apa.

Pun demikian HIV-AIDS tidak bisa tertular melalui ciuman atau bersentuhan dengan yang lain. Jalurnya adalah jarum suntik, berhubungan tanpa pengaman merupakan salah satu jalur masuknya penyakit.

Peserta yang hadir terdiri dari Tokoh Masyarakat, Tokoh Agama, Kader Posyandu Desa Batulayar Barat. Kepala Desa Batulayar pun ikut terlibat bahkan bertindak sebagai protocol acara. Acara yang dibuka sejak pukul 09.30 tersebut berakhir menjelang pukul 11.30 Wita. (Muhtar Juaini)

print