Kades Batulayar Evaluasi Kinerja Lembaga Desa

Batulayar-KIM:  Kepala Desa Batulayar, H.M. Taufiq kembali mengevaluasi kinerja dua lembaga desa yakni LPM dan BKD. Bertempat di Aula Kantor Desa Batulayar, Kamis (11/1),  Kades dua kali priode ini menyorot kinerja dua lembaga yang dirasakan kurang maksimal selama kepemimpinannya ini. “Sebenarnya banyak hal yang bisa diprogramkan oleh masing-masing lembaga yang ada, saya juga bingung apa yang keliru atau salah selama memimpin Desa Batulayar ini,” kata Kades dalam arahannya.

Kades menambahkan, penyebab dari rendahnya kinerja lembaga ini akibat dari kurangnya koordinasi dan komunikasi. Pihaknya menyayangkan jika ada dari anggota lembaga desa yang tidak saling kenal. Kkades juga menyinggung bahwa program-program yang ada di desa kurang terfokus disebabkan oleh kesibukan masing-masing anggota. “Kalau memang ada anggota yang sibuk, tidak siap untuk bekerja, tolong dicarikan penggantinya dan cari yang siap,” ujar Taufiq.

Kades juga menyampaikan  rencana ke depan untuk masing-masing lembaga. Program-program prioritas yang memasyarakat sangat diharapkan oleh Kepala Desa Batulayar. “Secara pribadi, saya mau melihat kita semua yang terlibat ini dikenal luas oleh masyarakat. Artinya kita harus membuat program-program, jangan monoton. Tujuan saya mengevaluasi ini juga adalah untuk mengkader ke depan kawan-kawan semua. Ke depan kita tidak pernah akan tau kita akan jadi apa nantinya. Mungkin ada yang menjadi Bupati, Kades, Camat dan sebagainya, untuk itu dari sekarang harus belajar,” lanjut Taufiq.

Selain menyinggung masalah kinerja, Kades juga menyarankan agar semua bentuk kegiatan diproses dari tingkat bawah. Pertemuan antar lembaga dengan mengundang Kepala Desa, kemudian membuat usulan menjadi harapan bersama. “Uang di Desa banyak, kita harus buatkan program untuk menggunakan uang tersebut. Jadi tidak boleh sembarangan,” tutup Kepala Desa. (Zaini Muchtar/KIM Layar Stone)

print