Karang Taruna “Karya Muda” Belajar Berdemokrasi

Gerung, KIM- Desa Dasan Tapen Kecamatan Gerung sebagai salah satu desa Jantung Ibu Kota Kabupaten Lombok Barat, minggu, (5/2) menggelar pesta domokrasi yang dilaksanakan organisasi masyarakat kepemudaan yakni Organisasi Karang Taruna “Karya Muda”.

Perhelatan pesta demokrasi ala desa Dasan Tapen ini dilakukan seperti pemilihan presiden, gubernur, wali kota/bupati dengan cara demokrasi. Pemilihan Ketua Karang taruna “Muda Karya” ini memperebutkan kursi Ketua sebanyak 5 calon yakni Zaenudin, Saefudin, zohri, Fatahurrahman, Darmawan, dan Suhaeri.

“Calon Ketua Karang Taruna ini berasal dari masing-masing wilayah perwakilan yang ada di dusun masing-masing.” Kata Sar in sebagai ketua panitia.

Ditambahkannya sar in panggilan akrabnya calon tersebut adalah utusan-utusan atau pilihan-pilihan yang berada di masing-masing dusun yang ada di Desa Dasan Tapen. “panitia melakukan sosialisasi untuk antusias masyarakat khususnya para pemilih dengan cara tradisional yakni mengundang para pemilih lewat pengeras suara di masjid. Pemilih Ketua Karang Taruna ini dipersyaratkan batas umur 15 sampai 45 tahun,”tandasnya.

Terpisah Kepala Desa Dasan Tapen Alman Faluti, S.Adm mengapresiasi pesta demokrasi kecil kecilan yang ada di desa ini. “Kegiatan semacam ini Sangat baik dan positif karena ini menjadi sebuah media pembelajaran kepada para pemuda tentang demokrasi” ungkapnya.

“Saya selaku Kades berharap degan terpilihnya ketua karang taruna menjadi momentum kebangkitan pemuda dalam upaya memberi ruang kepada pemuda untuk berorganisasi dan berinovasi agar pemuda tidak terjerumus kepada hal-hal yg negatif” harapnya.

Pemilihan ini berjalan dengan baik dan demokratis ini terlihat dari antusiasme pemuda untuk ikut memberikan suaranya pada pemilihan suara tersebut dan degan semangat kebersamaan para calon untuk siap mendukung siapun calon yang terpilih dengan tekad bersama untuk kemajuan dan kebangkitan pemuda Desa Dasan Tapen.

Sementara itu hasil akhir pemilihan dari lima yakni calon nomor urut 1 Zainudin dengan 26 suara, Saefudin Zohri dengan nomor urut 2 mendapatkan 66 suara, nomor urut 3 fatahurrahman dengan nilai 71 suara, nomor urut 4 mendapatkan 6 suara dan nmor urut 5 suhairi meraih 11 suara.

“Terimakasih atas dukungan dan kepercayaannya, semoga pemuda pemudi dasan tapen bisa menjadi pemuda pemudi yang membanggakan. “Inilah awal pembelajaran bagi saya pribadi, untuk itu saya harapkan bagi semua pemuda pemudi dasan tapen, mari kita saling komunikasi, saling memberikan masukan dan saran. Mari sama sama kita satukan suara, tumbuhkan nilai gotong royong agar terjalin silaturrahmi yang kokoh sehingga kita bisa bersatu kita teguh, bercerai kita runtuh” ungkap Fatahurrahman dalam arahannya selaku ketua terpilih .(Man – KIM Gerung)

print