Kaya Potensi Alam dan Seni Tradisi, Pokdarwis Desa Gelangsar Dikukuhkan

Gunungsari, Kominfo. Bupati Lombok Barat (Lobar) H Fauzan Khalid mengharapkan Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) bisa berkontribusi dalam meningkatkan potensi pariwisata khususnya Desa Wisata di Kabupaten Lobar yang pada akhirnya dapat membuka lapangan pekerjaan dan menghasilkan pendapatan bagi warga di Desa Wisata Gelangsar, Kecamatan Gunungsari khususnya.

Harapan Bupati tersebut disampaikannya, Rabu (3/4/2019) ketika melakukan pengukuhan Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Bukit Bintang, Desa Gelangsar, Kecamatan Gunungsari.

Program pengembangan desa wisata berbasis masyarakat ini ditindaklanjuti dengan peningkatan kapasitas masyarakat melalui pelatihan dan pendampingan secara rutin untuk pengelolaan homestay, manajemen desa wisata dan usaha pengelolaannya, serta pelatihan tour guide untuk wisata alam dan budidaya gula aren.

Bupati Fauzan Khalid menambahkan, pengukuhan kelompok sadar wisata ini merupakan investasi masa depan bagi masyarakat Desa Gelangsar sekaligus menambah destinasi desa wisata yang ada di Lombok Barat.

“Hadirnya desa wisata ini akan memberikan kontribusi positif bagi ekonomi masyarakat Desa Gelangsar khususnya, dan Lombok Barat secara keseluruhan,” ujarnya.

Bupati juga berharap agar desa wisata yang dikelola Pokdarwis dalam menjalankannya tidak setengah-tengah. Tujuannya agar bisa terus berkembang dan mensejahterakan masyarakat sekitar.

“Kedepan kami akan mengagendakan dinas terkait untuk meninjau dan membantu kekurangan Pokdakwis untuk dapat menarik wisatawan lokal dan mancanegara. Yang utama adalah mari kita jaga kebersihan lingkungan sekitar kita karena sebagus apapun tempat wisata jika banyak sampah akan di tinggalkan dan tidak akan dilirik. Ke depannya Pokdarwis akan mencapai sukses dalam mengelola desa wisata,” jelas bupati.

Masih kata Bupati, dengan terbentuknya Pokdarwis ini, beberapa unit homestay dapat disiapkan. Mengingat Desa Wisata Gelangsar memiliki beberapa spot wisata alam. Diantaranya, Air Terjun Geripak, Bukit Elen, Bukit Bintang dan wisata musik tradisional genggong. (Yani).

print