Ketua KPU Lobar Lantik PPK Dan PPS

Gerung-KIM. Ketua Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Lombok Barat (KPU Kab Lobar) Suhaimi Samsuri melantik 50 anggota Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dan 366 anggota Panitia Pemungutan Suara (PPS) Kab Lobar yag berasal dari Desa dan 10 Kecamatan  yang ada di Lobar, Bertempat di auala Kantor Bupati Lobar, Selasa (18/11).

Pada prosesi itu diawali seremonial lalu pembacaan keputusan KPU Kab Lobar. Kemudian pengambilan sumpah/janji dipimpin Ketua KPU Suhaili Samsuri , dilanjut kata pelantikan dan penandatanganan berita acara pelantikan sumpah janji dan pakta integritas.

Kesempatan itu Ketua KPU Kab Lobar) Suhaili Samsuri mengatakan kepada anggota PPK dan PPS yang sudah dilantik agar bekerja seoptimal mungkin dan dengan sebaik- baiknya hal ini dikarenakan tantangan kedepan semakin besar.

Suhaili  mengingatkan kembali akan tugas, wewenang dan kewajiban PPK dalam penyelenggaraan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Lobar  tahun 2018 bahwa beberapa pekerjaan yang harus dilakukan oleh PPK diantaranya, membantu KPU Kabupaten dalam pemutakhiran data pemilih, daftar pemilih, sementara, dan daftar pemilih tetap.

”Serta membantu KPU Kabupaten dalam menyelenggarakan Pemilihan dan melaksanakan semua tahapan penyelenggaraan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Lobar ditingkat kecamatan yang telah ditetapkan KPU,” terangnya.

Selanjutnya menerima dan menyampaikan daftar pemilih kepada KPU Kabupaten, mengumpulkan hasil penghitungan suara dari seluruh PPS diwilayah kerjanya. Lalu melakukan rekapitulasi hasil penghitungan suara dari seluruh PPS diwilayah kerjanya dalam rapat yang harus dihadiri oleh saksi peserta pemilihan dan Panwas kecamatan.

Namun semua itu terlebih dulu melaksanakan sosialisasi penyelenggaraan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Lobar tahun 2018.”Serta melaksanakan tugas, wewenang dan kewajiban lain yang diberikan oleh KPU Kab Lobar sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan,”ujar suhaimi

Suhaimi juga menegaskan pada hari ini juga seusai pelantikan, maka masing-masing PPK dari setiap kecamatan agar langsung melaksanakan rapat pleno PPK untuk memilih Ketua dan membagi tugas anggota PPK.”Hal ini untuk mempermudahkan kelancaran pelaksanaan tugas PPK,”tuturnya.

Sementara itu  HM Fajar taufik Membacakan Pidato Bupati Lobar mengatakan, Meskipun Tugas dan wewenang PPK dan PPS tidak ringan akan tetapi demi kesuksesan dan kelancaran Pemilu di Lobar diharapakan para anggota ini agar bekerja dengan sungguh – sungguh dan menjadikan Pemilu ini menjadi pemilu yang Langsung, Umum , Bebas dan Rahasia (Luber).

Pada prosesi pelantikan itu juga dihadiri oleh Perwakilan KPU provinsi NTB, Unsur Polres Lobar, Kejari dan Pimpinan SKPD seta para camat. Budi/Kim Gerbang Gerung

print