Kodim 1606 Lobar Lakukan Penghijauan di Kumbi Desa Pakuan

Narmada Kim. Selasa 23 Mei 2017 – Mengingat dampak dari pemanasan global yang begitu luas, untuk itu perlu adanya komitmen dari kita semua dalam mengatasi kerusakan lingkungan dan pemanasan global.

Upaya nyata yang dapat dilakukan adalah dengan melakukan penghijaun dan pemeliharaan pohon, seperti yang dilaksanakan pada hari ini. Hal itu disampaikan Kasdim 1606/Lobar Mayor Inf Januardi mewakili Danrem 162/WB dalam acara penghijauan di Taman Hutan Raya Nuraksa Pakuan, Dusun Kumbi, Desa Pakuan, Narmada, Selasa (23/5).

Kegiatan dalam rangka HUT ke-60 Kodam IX/Udayana tahun 2017 ini juga dihadiri Pasiter Korem 162/WB, Kepala BPBD Lobar H. Najib, Kepala Lingkungan Hidup Sedunia dan Dinas Kehutanan, Plt. Camat Narmada Nurawan, Kapolsek Narmada Kompol Wijiatmoko, Kades Pakuan Mardan, Kapsek SMPN 2 Narmada, Tokoh Agama dan mayarakat.

Di kawasan yang memiliki panorama Taman Hutan Raya Nuraksa yang indah ditambah dengan Air Terjun yang menawan ini ditanam sekitar 2.000 pohon dengan 3 jenis pohon berbeda, yaitu pohon Mahoni, Terembesi dan pohon kayu Terengguli.

Kasdim 1606/Lobar Mayor Inf Januardi mengingatkan bahwa perubahan iklim dan pemanasan global menjadi perhatian dunia saat ini. Dampak yang paling jelas dari perubahan iklim atau pemanasan global ini yaitu makin panjangnya musim panas dan makin pendeknya musim hujan, hal ini tentu dapat berdampak bagi kesehatan manusia seperti semakin banyaknya wabah penyakit endemik lama dan baru yang terus bermunculan.

“Untuk itu melalui kesempatan ini saya mengajak bapak/ibu yang hadir pada hari ini, untuk dapat menjadi contoh serta memotivasi masyarakat lainnya dalam menjaga kelestarian alam dengan melakukan penghijauan dan memelihara pohon. Tidak hanya di lahan yang gundul saja, namun juga di pekarangan rumah terutama tanaman yang dapat dimanfaatkan seperti pohon buah dan sayur. Selain dapat mengurangi dampak dari pemanasan global juga dapat dimanfaatkan dalam kehidupan sehari-hari,” ajaknya. Dedy/KIM Berdaya Saing

print