Koperasi Tani Syariah Harapan Desa Gapuk Juara Nasional

Gerung-KIM. 7 September 2017. Koperasi Tani Syariah Harapan Bersama Desa Gapuk Kecamatan Gerung menjadi juara tingkat Nasional untuk kategori Kelembagaan Ekonomi Petani ( KEP ). Berkat keberhasilannya ini Kementerian Pertanian RI melalui Badan Penyuluhan dan SDM Pertanian memberikannya penghargaan.

Atas keberhasilan ini juga, Ketua Kelompok tani Koperasi Tani Syariah Harapan Bersama di undang ke Isatana Negara untuk bertatap muka langsung dengan Presiden Republik Indonesia (RI) Joko Widodo pada acara Peringatan Hari Ulang Tahun Ri ke 72 tanggal 17 Agustustus 2017 yang lalu.

Suksesnya Petani Lobar dalam meraih penghargaan, berawal dari kegiatan lomba yang digelar di tingkat kecamatan, kabupaten, provinsi NTB dan sukses di tingkat nasional. Dari delapan kategori yang dilombakan, Lobar sukses tembus diempat kategori. Kategori tersebut masing-masing, Penyuluh PNS Berprestasi, Petani Berprestasi, Kelembagaan Ekonomi Petani Berprestasi, dan Kelompok Tani Komunitas Jagung.

” Tidak ada persiapan khusus yang kami lakukan. Pelayanan berjalan seperti biasa. Kami lebih mengutamakan kualitas dari pada Kuantitas anggota kelompok,” Terang Sudirman Ketua Kelompok Tani Syariah Harapan Bersama di kediamannya di hadapan awak Kim, Kamis (7/9) 2017.

Koperasi Syariah Harapan Bersama terbentuk tahun akhir 2014. Jumlah anggotanya saat ini sebanyak 30 orang dengan modal awal sebesar Rp 62,163 Juta. Seiring perkembangannya setelah Dua tahun berjalan, tahun 2017 ini modalnya telah mencapai angka Rp 117 juta.

” Tiga produk yang kami kembangkan dalam koperasi. Pembiayaan bagi hasil, jual beli dan Saprodi ( pupuk benih ). Dalam pelaksanaan kerja sehari – hari peran kerja kelompok selalu menjadi prioritas. Setiap keputusan yang diambil harus melalui musyawarah untuk mufakat. Dukungan para petani juga sangat luar biasa”, tambahnya.

Keberhasilan Koperasi Syariah Usaha Bersama juga tidak lepas dari peran serta dan bimbingan insatansi terkait yang ada di Pemerintah Kabupaten ( Pemkab) Lombok Barat ( Lobar ). Hal ini sesuai dengan yang disamapaikan Kepala Dinas Pertanian Lobar melalui Kepala Bidang (Kabid) Penyuluhan, Herman Sujono. Dikatakannya, Upaya pengembangan Koperasi tani dan Petani senantiasa kita lakukan. Hal ini dimaksudkan untuk memotivasi Koperasi – Koperasi tani agar lebih maju dan berkembang.

“ Alhamdulillah asalah satu Koperasi Tani kita dapat juara di tingkat Nasional, kita harapakan ini menjadi contoh yang baik bagi Koperasi yang ada di desa dan kecamatan lainnya,” pungkas Herman.
Bentuk dukungan lainnya yang diberikan Pemerintah Kabupaten Lombok Barat (Pemkab Lobar) dalam bentuk pemberian reward yang diberikan pada Acara HUT Lobar beberapa waktu yang lalu. Hal ini dimaksudkan untuk memotivasi semua insane yang terlibat di dunia Pertanian. Budi/KIM Gerbang Gerung

print