KWT Kenanga Dasan Tereng di Kunjungi Ibu Bupati

Narmada KIM, Pada hari Minggu kemarin, tanggal 12 Februari 2017, Ibu Hj. Khairatun, S.HI. yang merupakan istri Bapak H.Fauzan Khalid, S.Ag.M.Si, Bupati Lombok Barat dan sekaligus sebagai Ketua TP. PKK Kabupaten Lombok Barat mengunjungi Kelompok Wanita Tani (KWT) “ KENANGA “ di Dusun Karang Sidemen Desa Dasan Tereng, Kecamatan Narmada.

Ikut serta dalam kunjungan tersebut Plt Kepala Dinas Ketahanan Pangan Kab. Lombok Barat , Bapak Ir. M. Syahlan, Kabid konsumsi dan keamanan pangan, H. M. Amin SP. M.Si, Kasie konsumsi pangan, Nasrun, SP., Kasie keamanan pangan Ir. Saraf dan beberapa orang staf.

Kedatangan Rombongan Ketua TP-PKK Kabupaten Lombok Barat ini disambut Bapak Kepala Desa Dasan Tereng, Supratman Hadi, SH, bersama Ketua TP-PKK Desa Dasan Tereng Ibu Riska Iriani yang sekaligus sebagai ketua KWT Kenanga dan beberapa orang anggotanya. Hadir juga dalam kesempatan itu, Ibu Ketua TP-PKK Kecamatan Narmada yang didampingi oleh beberapa pengurus TP-PKK Kecamatan Narmada.

Dalam sambutannya Ibu Hj. Khairatun, S.HI. menyampaikan rasa senang dan bangganya melihat langsung KWT Kenanga. Beliau juga berharap agar keanggotaan KWT dapat terus dikembangkan dan kegiatan ini juga bisa dilaksanakan ditempat lain, khususnya diwilayah Kabupaten Lombok Barat. Karena begitu banyak manfaat dari kegiatan yang dilaksanakan oleh KWT, khususnya dalam hal pemanfaatan pekarangan untuk peningkatan ekonomi masyarakat.

Sementara itu, Kepala Dinas Ketahanan Pangan berharap agar Kegiatan ini terus berkelanjutan dan disinergikan dengan Kelompok Tani atau Gapoktan yang ada untuk dapat disatukan dalam wadah Koperasi demi kemudahan dalam hal pemasaran atau penambahan modal usaha.

Kepala Dinas jugamenyampaikan kesiapannya untuk memfasilitasi KWT Kenanga dalam melaksanakan Program TANCAB GAS ( Tanam Cabe terintegrasi Unggas ) yang dicanangkan oleh Dinas Ketahanan Pangan Provinsi NTB.

Untuk diketahui, bahwa Kelompok Wanita Tani (KWT) Kenanga yang berada di Dusun Karang Sidemen, Desa Dasan Tereng, Kecamatan Narmada dibentuk sejak Tahun 2007. Selanjutnya pada tahun 2013, KWT Kenanga mendapatkan Program KRPL (Kawasan Rumah Pangan Lestari).

Kegiatan yang dilakukan antara lain budidaya sayuran, umbi-umbian, apotik hidup, pemeliharaan ternak dan budidaya ikan air tawar. Seluruh kegiatan ini dilaksanakan dipekarangan rumah masing-masing anggota.

Anggota KWT sangat merasakan mamfaat dari kegiatan ini, karena mereka bisa mengurangi pengeluaran untuk kebutuhan rumah tangga, khususnya untuk sayuran dan buah, karena mereka tidak perlu membeli, melainkan hanya dengan memetik dihalaman sendiri. Selain itu, halaman rumah tentunya akan terasa sejuk dan tidak gersang, karena dihiasi tanaman yang hijau yang bermanfaat.

Keberhasilan kegiatan KWT Kenanga bukan tanpa masalah, beberapa masalah yang masih dihadapi kelompok sebagaimana disampaikan oleh Kepala Desa Dasan Tereng antara lain : hasil dari tanaman belum bisa dipasarkan karena hasil tanaman relative sedikit, hanya untuk kebutuhan sehari-hari, karena lahan pekarangan yang dimiliki anggota sangat terbatas.

Untuk itu Kepala Desa berharap adanya cara lain yang tentunya bisa memaksimalkan hasil seperti Hydroponic atau sejenisnya. Selain itu, cuaca yang akhir-akhir ini tidak menentu sangat mempengaruhi pembibitan. Khususnya saat musim hujan, kelompok tidak bisa melakukan pembibitan dengan baik.

Kepala Desa Dasan Tereng berharap agar kegiatan ini bisa diikuti oleh seluruh Rumah tangga yang ada di Desa Dasan Tereng pada khususnya. Karena mamfaatnya bisa dirasakan langsung oleh masyarakat. (Sudarta)

print