Launching Destinasi Wisata Gunung Sasak dan Peresmian Kantor camat Kuripan

Kuripan-Kominfo. Bupati Lombok Barat H. Fauzan Khalid Minggu, 11 Februari 2018 di halaman Kantor Camat Kuripan melaunching destinasi wisata Gunung Sasak sekaligus meresmikan pengoperasian Kantor Camat Kuripan yang baru.

Bupati Lombok barat H. Fauzan dalam sambutannya mengatakan, Gunung Sasak memiliki sejumlah keunggulan. Diantaranya, dari segi budaya yaitu akrab dengan kata Khahuripan.            Sepengetahuan Fauzan Khalid nama Gunung Sasak memiliki nilai mistik. Karena itu ia meminta kepada Dinas Pariwisata Lombok Barat untuk memikirkan bentuk destinasi yang berbau mistik seperti halnya di Bali untuk menambah angka kunjungan wisata. Kedua, Gunung Sasak menjadi salah satu core budaya selain core budaya yang ada di Lombok Barat yang perlu dikembangkan untuk kesejahteraan masyarakat.

Fauzan pada kesempatan itu berharap agar kawasan Gunung Sasak tidak meninggalkan fungsi Gunung Sasak sebagai hutan yang harus dilindungi. Mengembangkan destinasi wisata di Gunung Sasak justru harus berbarengan dengan dengan melindungi gunung sasak denga menanam pohon pada titik titik tersebut.. “Dengan demikian Gunung Sasak dapat berfungsi dan dapat menambah kesejahteran ekonomi masyarakat,” harapnya.

Menyikapi keberadaan lapangan tembak di areal Gunung Sasak yang belum di manfaatkan, Bupati memint kepada Dinas Parisata untuk mengkoordinasikannya dengan pihak kecamatan, desa dan pihak kehutanan untuk menjadikan kawasan ini lebih menarik dan bisa mendongkrak kunjungan wisata.

Disisi lain Bupati Fauzan menyampaikan selamat kepada keluarga besar kecamatan kuripan yang kantornya sudah diresmikan.  Diibaratkannya, kantor ini adalah bungkus. Isinya adalah Karyawan yang memberikan pelayanan yang baik kepada masyarakat.  “Tidak ada artinya bungkus yang baik kalau tidak isinya baik. Tapi bungkusnya penting dan harus baik.  Karena Bupati meminta agar kantor yang sudah baik dan megah ini dirawat, dijaga dan memberikan manfaat yang baik bagi masyarakat.

Bupati Fauzan juga menyampaikan penghargaan dan terima kasihnya kepada Kepala Dinas Kehutanan Provinsi NTB yang telah peduli terhadap Lombok Barat dan memberikan ijin Gunung Sasak sebagai destinasi wisata di Lombok Barat.

Sebelumnya Kepala Dinas Pariwisata Lombok Barat Ispan melaporkan, membangun Gunung Sasak sebagai destinasi wisata merupakan proses panjang untuk mewujudkannya. Terutama membangun  spot-spot wisata  agar bisa dinikmati oleh masyarakat. Pembangunan Destinasi ini sangat dipengaruhi oleh peran dari Kepala Kepala Desa yang ada di Kecamatan Kuripan sebagai pemilik ide dan gagasan. Berkat kerjasama antara  dinas pariwisata dan dinas kehutanan Provinsi NTB pembangunan destinasi ini bisa terwujud.

Dikatakannya, Dinas Pariwisata berkomitmen terus mengembangakan destinasi wisata di Gunung Sasak dengan menambah anggaran DAK, karenanya mengharap dukungan dari semua pihak terutama masyarakat selalu pelaku wisata terdepan.

Acara tersebut dihadiri Sekretaris Daerah, anggota Forkompimda,  para Asisten, Kepala Dinas, Camat se-Kabupaten Lombok Barat, tokoh agama dan tokoh masyarakat desa kuripan. (Kominfo)

print