“Lombok Barat Berzikir”, Tingkatkan Kerohanian Bangun Daerah

Gerung, Kominfo. “Lombok Barat Berzikir”, rutinitas event tahunan yang secara rutin digelar menjelang HUT Lombok Barat diacarakan, Rabu(10/4/2019) di Bencingah Agung Kantor Bupati Lombok Barat. Acara ini diikuti hamper limaratusan peserta yang terdiri dari perwakilan OPD se Lombok Barat, Camat se Lombok Barat, Kades dan Lurah, pelajar SLTP/sederajat, pelajar SLTA sederajat dan para kaum duafa dari tiga kecamatan terdekat dari Kantor Pemerintahan Kabupaten Lombok Barat.

Bupati Lombok Barat H Fauzan Khalid dalam arahannya menyatakan, Lombok Barat Berzikir sangat aktual guna meningkatkan keruhanian dalam membangun daerah. Pembangunan material tidak boleh melupakan aspek immaterial, jasmaniah yang harus seiring dengan ruhaniah dan pembangunan infrastruktur, pelayanan public, pembangunan lainnya yang bersifat profane harus seiring sejalan dengan pembangunan SDM yang memilikinaspek sacral, spiritual dan religius.

Bupati juga menjelaskan, seharusnya puncak peringatan HUT Lombok Barat ke 61 2019 diperingati pada Rabu (17/4/2019) mendatang, namun karena bertepatan dengan pelaksaaan Pemilu Pilpres dan Pileg, maka pelaksanaannya dimajukan tanggal 15 April 2019.

Pergeseran HUT Lobar menurut Bupati, tidak akan menggeser komitmen Permda dan masyarakat Lobar untuk terus mengevaluasi kurun-kurun waktu perjalanan pemerintahan Lobar. Perjalanan kehidupan masyarakat Lobar sempat mengalami hambatan akibat gempabumi yang mengguncang Lombok pada Juli-Agustus 2018 lalu.

“Untuk itu kita saat ini focus dalam me-revovery akibat yang ditimbulkan. Gempa menjadi hikmah kehidupan yang bisa kita petik untuk memiliki rasa empaty, kepedulian terhadap sesame yang tengah mengalami kesusahan,” ungkap Bupati.

Bupati menambahkan, kesulitan ataupun kesusahan karena bencana hanya bisa ditentramkan dengan membaca Al-Quran sebagai penenang hati dan jiwa. Karena itu Fauzan berharap kepada seluruh OPD kembali menggiatkan “khatamul Qur’an yang sebelumnya menjadi kegiatan rutin Pemda.

“Dalam Khatamul Qur’an tersebut kita juga mentradisikan zikir dan tausiyyah,” ujar Bupati.

Meski demikian kata Bupati, di usia HUT ke-61 Lobar melahirkan banyak kebanggan. Diantaranya SAKIP 2018 meningkat dari point CC ke B. Lobar dianugrahi sebagai kabupaten terbaik dalam Keterbukaan Informasi Publik (PPID). Indeks kelola APBD terbaik dinbidang kesehatan, 100 persen Puskesmas sudah terakreditasi, RSUD Tripat predikat paripurna, Opini WTP dari BPK. Kabupaten peduli stunting dari 38 persen menjadi 28 persen.

Lombok Barat Berzikir diisi tausiyyah oleh Dr. TGHL. Moh Zainuri, MA. Sedangkan zikir dan doa dipimpin Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kabupaten Lombok Barat Drs. TGH. Abdullah Mustafa. (her/Aroel/Kominfo).

print