Mekarsari Siap Wakili Lobar di Lomba Desa Tingkat Provinsi NTB

Narmada-Diskominfotik. Kegiatan seremonial penyambutan tim penilai lomba desa tingkat Kabupaten Lombok Barat disambut meriah oleh Pemerintah Kecamatan Narmada, Pemerintah Desa dan masyarakat Desa Mekarsari, tim penilai tiba sekitar pukul 10.00 wita di Kantor Desa.

Dalam sambutannya Busyairi Camat Narmada mengatakan, “Kami tidak berharap untuk menjadi juara , tetapi kami berharap Desa Mekarsari-lah yang akan mewakili Lomba Desa tingkat Provinsi NTB”. 21/6/21.

Lebih lanjut lagi Camat muda penggagas LOBISA (sejelo bina desa) ini menyatakan “Tradisi kami di Narmada adalah menjadi juara dan kami siap melanjutkan Tradisi itu”. Ungkapnya dengan nada optimis.

Lomba Desa merupakan sebuah sarana untuk melihat perkembangan Desa dari waktu ke waktu, lomba juga menjadi sebuah parameter untuk melakukan audit sosial terhadap berjalannya pemerintah desa sejauh mana dalam menyelenggarakan roda pemerintahan baik kaitannya dengan perencanaan, penganggaran, implementasi dan pengawasan.

Lomba ini bukan semata-mata sekedar untuk mendapatkan juara tetapi yang paling substansial adalah apakah masyarakat sudah mendapatkan pelayanan yang eksklusif dengan adanya pemerintah desa yang mana level pemerintah ini paling dekat dan bersentuhan langsung dengan masyarakat.

Terlebih juara itu hanya prestasi antara, tetapi yang lebih substansi adalah bagaimana melihat penyelenggaraan pemerintahan desa dan pemberdayaan masyarakat. Terlepas apapun itu lomba merupakan kebanggaan pemerintah desa terlebih masyarakat pada umumnya.

Sapinah Kepala Desa Mekarsari menerangkan “kami sudah merintis DEDI & DEWI (Desa Digital & Desa Wisata) hal ini sudah kami lakukan”. “Hal ini terlihat di Desa Mekarsari sudah 60% terpasang saluran internet yang diberikan hak kelola kepada BUMDes dan Taman Desa Mekarsari yang kini tengah banyak dikunjungi wisatawan Domistik lokal”. Tegas Kades dua periode ini.
Dari gagasan DEDI & DEWI ini tentunya harapan Pemerintah Desa ekonomi masyarakat bisa terangkat.

Acara penilaian lomba desa ini dihadiri oleh ketua penggerak PKK Kabupaten Lombok Barat ibu Khaeratun Fauzan Khalid, asisten 1 Bapak Gunawan, Camat Narmada, Kepala UPT lingkup Narmada, Kepala Desa se Kecamatan Narmada dan masyarakat Desa Mekarsari.

Lomba desa ini diikuti oleh lima desa di Kabupaten Lombok Barat sebagai perwakilan masing-masing Kecamatan, Desa yang mengikuti lomba yaitu Desa Mekarsari, Bengkel, Meninting, Taman Baru dan Penimbung. (KIM Mekarjaya/Mr)

print