MEMANAH, SALAH SATU SPOT YANG DIKEMBANGKAN DESA WISATA MEKARSARI

Narmada Diskominfotik. Desa Wisata Mekarsari, Kecamatan Narmada, Lombok Barat yang merupakan binaan Universitas Islam Al-Azhar (UNIZAR) Mataram, menyediakan spot memanah bentuk cara memanjakan wisatawan khusunya pecinta memanah.

Desa Wisata Mekarsari ini merupakan program Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) RI, yang kini terus berkembang dengan menambahkan berbagai spot swafoto, kolam renang, dan spot memanah.

Kades Mekarsari, Sapinah berterima kasih kepada UNIZAR yang telah mendampingi pengembangan Desa Wisata dengan cara menempatkan mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) untuk membantu Pemdes membangun spot-spot pendukung lainnya.

Sapinah mengaku, saat ini dalam proses penyelesaian pembangunan kolam renang. Keberadaan kolam renang tersebut baginya akan bisa dinikmati masyarakat setempat dan mendatangkan pendapatan asli desa (PADes).

“Kami bersyukur ada pembinaan secara kontinyu dari UNIZAR, sehingga apa yang sudah tertuang dalam Master Plan Desa Wisata, satu persatu terselesaikan dengan baik,” ungkapnya.

“Perencanaan bagus, bisa menarik perhatian wisatawan Nusantara bahkan mancanegara. Saat ini saja, warga desa desa tetangga sudah mulai berdatangan berharap ada pembinaan juga dari Unizar,” ujarnya sembari mengatakan, keberadaan desa wisata ini bisa menumbuhkan kembangkan perekonomian masyarakat terlebih di massa pandemi Covid-19.

Sapinah menambahkan, konsep dibuat oleh UNIZAR terhadap keberadaan Desa Wisata yakni Agro. Dibuatkan jalan khusus bersepeda bagi wisatawan dan pejalan kaki. Kemudian, konsep Eko yang pertama di Lombok dilengkapi pertanian ikan, sayur organik serta Edu Camp, lapangan bermain panah, tempat berenang dan tempat camping.

“Tujuannya, supaya wisatawan tertuju ke Mekarsari. Terima kasih UNIZAR Mataram,” cetusnya.

Sementara itu, Rektor UNIZAR Mataram, Dr Ir Muh Ansyar berjanji akan terus melakukan pembinaan dan pembimbingan terhadap keberadaan Desa Wisata Mekarsari itu. mengaku sangat sepakat dengan konsep dan keinginan Pemdes.

“Kami akan lanjutkan kerjasama pengabdian kepada masyarakat ini dengan memberikan ide dan pendampingan memajukan Desa Wisata yang bermanfaat bagi masyarakat,” tutupnya. (KIM Mekar Jaya/ry)

print