Memotret Kiprah Yayasan Pemberdayaan Perempuan Handayani Gerung

IMG-20170203-WA0020Gerung, KIM- Melihat kondisi kabupaten Lombok Barat yang terdiri dari lahan pertanian, pegunungan dan pantai, sehingga pola kehidupan masyarakatnya hetrogen yang kebanyakan petani, nelayan dan buruh tani menyebabkan tingkat kehidupan dan penghidupan mereka baik dari segi pendididkan, social,ekonomi maupun sumber daya rendah, sehingga mengakibatkan belum sepenuhnya dapat menikmati hasil pembangunan karena tingkat kesejahteraan masih rendah baik secara kuantitas maupun kualitas.

Dengan latar belakang itulah H.Lalu Ardipati dan Hj Baiq Erna Andayani mendirikan suatu organisasi sosial bernama Yayasan Pemberdayaan Perempuan Handayani(YPPH) Kabupaten Lombok Barat. Sektetariat Yayasan ini berada di Jalan Ahmad Yani Montong Are ,Gerung Utara, Kecamatan Gerung. Yayasan ini telah terdaftar pada tanggal 17 April 2000 dengan Akte Notaris Edy Hermansyah , SH nomer 12 tanggal 07 Juni 2002.

Adapun tujuan dari terbebentuknya YPPH ini adalah untuk meningkatkan kualitas pelayanan sosial kepada masyarakat sebagai mahluk sosial yang merupakan agen perubahan sosial diberbagai bidang kehidupan dan pembangunan demi terwujudnya masyarakat yang adil dan makmur yang merata. Selain itu YPPH mewujudkan kesejahteraan masyarakat khususnya bagi penyandang masalah kesejahteraan sosial diwilayah kabupaten Lombok Barat.

Dalam kegiatan kesehariannya YPPH juga membina dan menciptakan kondisi masyarakat yang dinamis yang memungkinkan masyarakat menjadi penangkal pertama dan utama dalam pencegahan atau menangulangi penyandang masalah kesejahteraan sosial dilingkungannya. Di bidang pendididkan yayasan ini juga membentuk pendididkan Forma , Non formal dan Informal .

Adapun pendidikan yang dibentuk YPPH Yaitu pendirian : TK Handayani di Kuripan tahun 2013, Kelompok bermain Semai Benih Bangsa (SBB) Handayani di Gerung Utara tahun 2006,TPA Pasar Handayani di Gerung Selatan Tahun 2009,Pndidikan Layanan Khusus (PLK) Handayani di Gerung Utara Tahun 2009, Pendidikan Layanan Khusus ((PLK ) Pesisir Pantai Endok di Taman Ayu Tahun 2013.selain itu YPPH juga mengadakan kursus dan latihan ketrampilan idustri kecil,konveksi.penyuluhan dan pelatihan dan pemberantasan tiga buta.

Dibidang Sosial Kemasyarakat YPPH melakukan kegiatan pendataan,bimbingan ,pengembangan, dan bantuan modal usaha ekonomi produktif melalui pelayanan diluar panti melalui Asuhan keluarga : AK. Al Wafi dikediri, AK. Melati di Kuripan , AK.Azzahra di Gerung Utara ,AK. Alamanah di Sekotong, AK Annisa di Lembar, AK.Kita bersama di Gerung Selatan.AK. Al Ikhlas diSuka Makmur.Untuk program Kesehatan YPPH mewujudkan kesadran masyarakat khususnya perempuan akan pentingnya kesehatan bagi diri dan lingkungan seperti KHPIA,gerakan KB,Reproduksi, pencegahan penyakit HIV AIDS.

Dibidang Ekonomi dalam membantu dan mewujudkan pembangunan ekonomi dilakukan dengan mengupayakan pemerataan kesempatan menuju kemandirian ekonomi dengan meningkatkan pendapatan melalui pemberian modal usaha bagi WRSE, keluarga rentan yang memilki usaha seperti pedagang kaki lima,pedagang bakulan, asongan dan melakukan pembinaan serta pengembangaan sumber daya manusia. Yayasan ini juga mengembangkan koperasi wanita (kopwan) “handayani”

YPPH dalam kegiatan kesehariannya meberikan jaminan sosial melalui Asuransi Kesejahteraan SOSIAL (ASKESOS) tujuannya untuk mewujudkan Systim perlindungan untuk memberikan pelayanan bagi warga masyarakat terhadap resiko menurunnya tingkat kesejahteraan sosial akibat pencari nafkah utama meninggal dunia,sakit atau mengalami kecelakaan.

Yayasan ini memberiakn bantuan kesejahteraan sosial permanen (BKSP) untuk mewujudkan usaha perlindungan dan jaminan penghidupan bagi warga yang karena kondisi tidak mampu memenuhi kebutuhan hidupnya sendiri tampa bantuan berkesinambungan dari luar dirinya dan tidak didasarkan kontribusi yang bersangkutan.

Dalam mewujudkan system hokum yang berkeadilanjender, yayasan ini melakukan gerakan penyadaran hukum dimasyarakat, pendampingan terhadap anak dan perempuan korban kekerasan. Sasaran kerja garapan YPPH meliputi Anak terlantar,lanjt usia/ jompo terlantar, wanita rawan sosial ekonomi,anak nakal, penyandang cacat,fakir miskin/keluarga miskin anak jalanan, trafficking.

Yayasan Pemberdayaan Perempuan Handayani dibawah pimpinan Hj . Baiq Erna Andayani, S.Pd I telah banyak mengangkat nama Lombok barat melalui prestasi yang diraih baik ditingkat propinsi dan Nasional.semua ini diraih tidak lepas dari strategi yang dijalani yayasan ini.

Adapun strategi yang diterapkan yakni menggalang hubungan kerja dan kerjasama yang baik dengan berbagai pihak yang berpotensi untuk mendukung menunjang pencapaian tujuan yayasan.pengadaan fasilitas pendidikan ,penerangan dan penyuluhan.mengadakan kerjasama dengan pihak lain baik dari dalam maupun luar negri.mengupayakan pemberdayaan ekonomi keluarga untuk meningkatkan penghasilan taraf kehidupan dan kesejahteraan keluarga.dan yang terpenting dari semua ini adalah profesionalitas. (BUDI-KIM Gerbang-Gerung)

print