Mengenal Wisata Alam Curug Batu Perau, Cendi Manik

Sekotong-KIM. Curug batu perau merupakan wisata air terjun yang terletak di dusun Sayong, Batu Bangke, Desa Cendi Manik, Kecamatan Sekotong, Lombok Barat. Curug Batu Perau bisa ditempuh dengan kendaraan bermotor maupun mobil. Dari  tempat parkir kita harus berjalan kaki sekitar 150 meter. Wisata ini baru ramai dikunjungi oleh warga sekitar maupun dari warga luar desa Cendi Manik. Jalur ini merupakan jalan setapak melewati tepi persawahan.

KIM Sekotong Bersatu bersama Kepala Desa, BPD serta perangkat desa Cendi Manik Minggu (4/2) langsung turun ke lokasi wisata curug batu perau. Sesampainya dilokasi maka kita akan takjub dan terpesona dengan keindahan curug batu perau dengan tebing setinggi 35 meter yang disertai air.

Rinasi, Kadus Batu Bangke menyatakan, wisata curug Batu Perau ini sudah ada sejak dulu dengan mata airnya tetap ada. Asal-muasal Batu Perau menurut orang tua dulu adalah seorang pedagang cina yang singgah karena kelelahan dan beristirahat di lokasi Curug Batu Perau. Karena sudah berjualan pinang kerumah-rumah warga yang ada didesa Cendi Manik.

Pada bagian lain Kades Cendi Manikmarne, S.Pd menambahkan,  wisata Curug Batu Perau direncanakan akan dibuka jalan baru dengan anggaran yang disiapkn dari Dana Desa (DD) . “dan kami dari pihak desa juga menghimbau kepada masarakat agar mendukung dan menjaga ketertiban dan keamanan,” ungkapnya.

Bahkan di Curug Batu Perau terdapat sumur atau lubang air yang sangat unik, yang airnya terasa asin bahkan ketika air laut naik maka sumur atau lubang air meluap dan sebaliknya jika air laut surut maka sumur/lubang airnya kering. (Sadri Hasan/KIM Sekotong Bersatu).

print