MENUJU DESA LEMBAR SELATAN BEBAS SAMPAH

Lembar, Diskominfotik-Sampah plastik merupakan sampah yang sangat sulit terurai karena membutuhkan waktu ratusan tahun agar plastik tersebut terurai. Untuk mengatasi hal tersebut dalam upaya mewujudkan Desa Lembar Selatan bebas sampah serta pengenalan Zerowaste dan Ijo Nol Dedoro kepada masyarakat, sekelompok pemuda pemudi Desa Lembar Selatan yang tergabung dalam Youth Of Lembar Organization (YOLO) menggelar acara yang bertajuk ‘Sendikalenation Fun Run Ecobrick Gayen Te’ di Lapangan Mako Lanal Desa Lembar Selatan, Selasa (10/3/2020).

Kegiatan ini diawali dengan jalan sehat yang diikuti ratusan lebih masyarakat dari semua kalangan yang telah mendaftarkan dirinya dengan cara masing masing peserta diwajibkan membawa 2 botol plastik yang diisi padat dengan limbah non biological (Ecobrick) untuk ditukarkan dengan 1 kupon doorpize.

Dalam kesempatan tersebut Bachtiar Kurniawan selaku ketua Yolo pada wartawan menjelaskan, mengingat pentingnya menjaga lingkungan dan harus dilakukan bersama sebagai langkah awal dari bawah, remaja Dusun Lembar Kecamatan Lembar mengadakan kegiatan bagi masyarakat dengan tujuan mengenalkan masyarakat tentang Zerowaste dan Ijo Nol Dedoro serta mengedukasi masyarakat dengan berbagai bentuk kegiatan yang berkaitan dengan kepedulian terhadap lingkungan, Ungkapnya.

Dikatakannya, salah satu bentuk edukasi dalam kegiatan ini menurut Bachtiar yaitu pemanfaatan sampah plastik dengan membuat Ecobrick.

“Ecobrick adalah botol plastik yang diisi padat dengan limbah non biological untuk membuat blok bangunan yang dapat digunakan kembali. Eko-batu bata ini adalah teknologi berbasis kolaborasi yang menyediakan solusi limbah padat tanpa biaya untuk individu, rumah tangga, sekolah, dan masyarakat. Jika reuse dan reduce sudah sangat sulit, maka ecobrick merupakan solusi”. Jelasnya.

Lebih lanjut  Bachtiar mengatakan “dengan ecobrick kita memiliki kesempatan untuk mengubah pengorbanan komunitas dan ekosistem dalam mencerna plastik. Kita dapat mengubah plastik menjadi bermanfaat bagi masyarakat dan bernilai ekonomis”.

Ditempat yang sama Zaenal staf Desa Lembar selatan  yang hadir dalam acara tersebut mengatakan, “kegiatan ini merupakan suatu pendobrak dari pemuda Desa Lembar Selatan khususnya Dusun Lembar yang bekerjasama dengan karang taruna Desa Lembar Selatan untuk peduli terhadap lingkungan”. Ucapnya.

Kegiatan ini diikuti oleh masyarakat Desa Lembar selatan yang terdiri dari 11 Dusun. Zaenal berharap, kedepan agar kegiatan seperti ini terus dilakukan supaya Lembar lebih maju dan lebih Zero Waste terutama peduli terhadap lingkungan.

“Pemerintah Desa (Pemdes) Lembar Selatan akan terus mendukung kegiatan dalam hal peduli terhadap lingkungan, lebih lebih Zerowaste ini merupakan program Pemerintah Provinsi (Pemprov) dan juga di Kabupaten Lombok Barat telah me Lounching  Ijo Nol Dedoro,  kegiatan peduli lingkungan akan terus kami lakukan”. Ungkapnya.

Dikatakannya, Pemerintah Desa (Pemdes) Lembar Selatan akan memfasilitasi karung di rumah, harapannya agar masyarakat memilah sampah organik dan non organik, apabila masyarakat tidak bisa mengolah sampah paling tidak memilah sampah dari rumah dan Pemdes Lembar Selatan telah menyediakan Bank sampah dimana masyarakat menabung menggunakan sampah dan pemdes akan membeli sampah dari masyarakat yang sudah terpilah.

Zaenal juga berharap, melalui Bank sampah yang sudah terbentuk di Desa Lembar Selatan berguna dan bisa membantu bagi masyarakat kedepannya terutama di Desa Lembar Selatan dimana memanfaatkan sampah sehingga mempunyai nilai ekonomis dan bisa dimanfaatkan. Harapnya. (L.Angge)

print