MMD Bidang Kesehatan Berjalan Lancar

Labuapi – KIM. Musyawarah Masyarakat Desa yang disingkat MMD yang diselenggarakan oleh Puskesmas Perampuan bekerja sama dengan pemerintah Desa Karang Bongkot berjalan lancar dengan banyaknya masyarakat yang hadir dari kalangan Kader posyandu, perwakilan TOGA, dan TOMA, serta pemerintah desa dari kalangan Kadus dan perangkat desa yang bertempat di aula kantor Desa Karang Bongkot.

MMD dilaksanakan setelah ada survey kesehatan masyarakat Karang  Bongkot dan Perampuan yang dilakukan oleh PUSKESMAS Perampuan pada bulan Maret 2017dengan menghasilkan 14 macam permasalahan kesehatan masyarakat sehingga dari empat belas tersebut dimusyawarahkan pada MMD tersebut untuk menentukan perioritas minimal 5 permasalahan yang harus ditangani segera yaitu belum maksimalnya penambahan gizi bagi bayi balita, minimnya menjadi peserta JKN, minimnya antusias masyarakat Donor Darah, dan Sampah masih berserakan.

“musyawarah tersebut untuk mentukan 5 perioritas dari 14 permasalahan yang merupakan hasil survey kesehatan yang diselenggarakan oleh PUSKESMAS” kata Kepala Perpustakaan Perampuan, Zulhana, ketika ditemui KIM di lokasi Acara Kantor Desa Karang Bongkot, Rabu, (25/05).
Kepala puskesmas Perampuan juga meminta kepada pemerintah desa melalui sekdes untuk mendukung program kesehatan yang dibuat oleh para kader poyandu dan PKK dengan memasukkan ke APBDES yang didanai oleh Dana Desa.

Pemerintah desa yang diwakili oleh Sekdes Desa Karang Bongkot Zainudin menanggapi usulan tersebut dengan respon positif bahakan sebelum ada MMD, pemdes sudah terserap APBDES untuk kesehatan sudah tinggi.
“memang anggaran desa tahun ini untuk kesehatan cukup tinggi baik dari pemberdayaan, pembangunan, dan pembinaan kesehatan” ungkapnya. KIM Al Falah/Abrar

print